SUARA INDONESIA

Camat Sapeken Dorong Kades Optimal Lakukan Percepatan Pembangunan

Wildan Mukhlishah Sy - 28 June 2024 | 11:06 - Dibaca 1.24k kali
News Camat Sapeken Dorong Kades Optimal Lakukan Percepatan Pembangunan
Camat Sapeken bersama sejumlah Kades yang menerima perpanjangan masa jabatan. (Foto: Fajrul for suaraindonesia)

SUARA INDONESIA, SUMENEP- Camat Sapeken Aminullah menegaskan, pihaknya sangat mendorong seluruh Kepala Desa (Kades) yang ada di wilayahnya, untuk mengoptimalkan percepatan pembangunan di desa masing-masing.

Hal tersebut menyusul resminya perpanjangan masa jabatan Kades, yang ditandai dengan pemberian SK Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, Kamis (27/06/2024) kemarin

Menurutnya, perpanjangan masa jabatan yang diperjuangkan tersebut, harus berbanding lurus dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat.

"Apa yang diperjuangkan oleh Kades ini hendaknya berbanding lurus dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat dan pemerintah," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta agar Kades mampu benar-benar menggali setiap potensi yang ada di desanya, untuk kemaslahatan dan pemberdayaan masyarakat setempat.

Ia menyadari betul bahwa untuk mencapai tujuan tersebut, tentunya Pemerintah Desa tak mampu berjalan sendiri. Oleh sebab itu, dirinya bersama dengan seluruh stakeholders di Kecamatan Sapeken, telah berkomitmen untuk terus bergandengan tangan dalam memajukan desa-desa di wilayah Kepulauan Sapeken.

"Alhamdulillah untuk tahun 2024 ini ada dua desa di Kecamatan Sapeken yang sudah Mandiri. Sementara lainnya, tergolong desa maju dan berkembang," ungkapnya.

Dalam melakukan percepatan pembangunan menurutnya, bukan merupakan hal yang mudah. Sebab, mengabdi di kepulauan tidak sama dengan pengabdian di kota.

"Tentunya butuh tekad yang kuat. Ketekunan, ketelatenan bagaimana benar-benar punya komitmen dan konsistensi yang tinggi dalam memajukan masyarakat," ucapnya.

Untuk itu, ia berharap seluruh Kades dapat menjalankan regulasi yang sudah diatur, baik itu peraturan pemerintah, Permendes dan peraturan Bupati.

Akan tetapi, Camat optimis dan percaya bahwa dalam pengelolaan anggaran, Kadesnya akan tetap mengacu pada peraturan perundang-undangan. Baik mulai dari perencanaan, pengelolaan hingga pelaporan.

"Di samping itu, kami optimis pada Kepala Desa dalam pengelolaan anggaran akan tetap mengacu pada peraturan perundang-undangan," tutupnya.

Sekedar diinformasikan, untuk wilayah Kecamatan Sapeken ada sebanyak 9 Kades yang mendapatkan perpanjangan masa jabatan. Delapan diantaranya periode 2019-2027 dan satu adalah periode 2021-2029. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV