SUARA INDONESIA

Terpantau CCTV, Petugas Gagalkan Narkotika Masuk Lapas Kediri

Phepen - 28 June 2024 | 19:06 - Dibaca 1.41k kali
News Terpantau CCTV, Petugas Gagalkan Narkotika Masuk Lapas Kediri
Petugas menunjukkan barang bukti narkotika yang gagal masuk ke Lapas Kediri. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, KEDIRI- Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kediri menggagalkan upaya masuknya sabu-sabu ke dalam lapas. Narkotika tersebut dilempar oleh orang tak dikenal (OTK) dari luar tembok ke dalam area lapas, Kamis (27/06/24).

Penggagalan ini merupakan hasil dari deteksi dini petugas Lapas Kediri dalam mencegah masuknya barang terlarang ke dalam Lapas. Peristiwa ini terjadi pada hari Kamis, 27 Juni 2024 sekitar pukul 11.35 WIB.

Petugas operator pengawasan CCTV di ruang kontrol melaksanakan pengawasan di area seputaran blok dan lingkungan Lapas. Pada saat melakukan pengawasan petugas operator melihat terdapat dua OTK mencurigakan dengan menggunakan motor Vario putih. Mereka melempar dua bungkusan plastik hitam dari luar tembok ke dalam area Lapas.

Kemudian, petugas operator CCTV melaporkan kejadian tersebut melalui HT kepada Ka. KPLP. Selanjutnya, memerintahkan kepada petugas pos dan komandan jaga untuk mengecek dan mengamankan area tempat jatuhnya pelemparan barang tersebut.

Jajaran Rupam, KPLP dan Kamtib bersama-sama mencari barang hasil lemparan tersebut dan ditemukan di area cell dengan posisi barang tersangkut di atas atap kawat berduri, lalu barang tersebut diamankan di ruangan KPLP.

Menurut Plt Kalapas Kediri Budi Ruswanto, keberhasilan ini menunjukkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan petugas dalam menjaga keamanan dan ketertiban di dalam Lapas.

"Keberhasilan tersebut berkat upaya disiplin deteksi dini dan patroli rutin “Back to Basic” di sekitar area Lapas untuk mencegah masuknya barang-barang terlarang dan ini adalah bukti komitmen kami dalam menjaga Lapas Kediri tetap bersih dari narkotika dan barang terlarang lainnya," ujarnya.

Petugas Lapas Kediri langsung melakukan pemeriksaan. Selanjutnya pihak lapas menghubungi Sat Narkoba Polres Kediri Kota untuk pemeriksaan lebih lanjut. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Phepen
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV