SUARA INDONESIA

Kades Mergosari di Sidoarjo Diduga Larang Ibadah di Rumah Doa GPdI, Video Viral di Media Sosial

Amrizal Zulkarnain - 01 July 2024 | 15:07 - Dibaca 1.42k kali
News Kades Mergosari di Sidoarjo Diduga Larang Ibadah di Rumah Doa GPdI, Video Viral di Media Sosial
Pendeta Yoap Setiawan, saat dikonfirmasi di GPdI Tarik Sidoarjo, Jawa Timur. (Foto: Amrizal/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SIDOARJO - Kepala Desa Mergosari, diduga melarang kegiatan ibadah di Rumah Doa Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI), yang ada di Dusun Mergojog RT 09 RW 02, Desa Margosari, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Kegiatan tersebut sempat viral melalui video yang berdurasi 53 detik di media sosial, ketika Kades Mergosari melakukan musyawarah di sebuah warung kopi tak jauh dari rumah doa itu.

Pendeta (Pdt) Rumah Doa GPdI, Yoap Setiawan, mengatakan bahwa pihaknya mendirikan bangunan ini untuk kegiatan rumah doa bagi jemaat di Tarik.

"Sebelumnya kami juga sudah mengantongi ijin domisili dari pihak pemdes setempat yang kemudian kami buat dasar mengurus Surat Keterangan Tanda Lapor (SKTL) dari Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Timur," ujar Pdt Yoap saat ditemui di Rumah Doa GPdI Tarik, Senin (1/7/2024).

Kemudian pascakeluarnya SKTL, Pdt Yoap langsung menyerahkannya kepada pihak Pemdes Mergosari sebagai pemberitahuan.

Namun, masih kata Yoap, di kemudian hari kades menuntut mereka untuk menunjukkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) rumah doa tersebut. Alasannya karena kegiatan ibadah itu dilakukan setiap hari Minggu.

"Kami dari pihak Rumah Doa menyampaikan akan mengurus secepatnya IMB tersebut untuk memenuhi permintaan kades," tutur Yoap.

Namun, dalam proses kepengurusan IMB, kades menyarankan agar tidak melakukan kegiatan ibadah di Rumah Doa itu hingga IMB keluar.

"Rumah doa itu harus ditutup, dikosongkan. Tidak boleh ada kegiatan apa pun," ucap Yoap dengan menirukan perkataan kades.

Padahal, menurut Yoap, Ia sudah mempunyai SKTL, itulah yang menjadi dasar kami untuk beribadah selama mengurus IMB.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Amrizal Zulkarnain
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV