SUARA INDONESIA

Polisi Bersihkan Sampah di Pantai, Minta Kelestarian Laut Probolinggo Dijaga Bersama

Lutfi Hidayat - 03 July 2024 | 15:07 - Dibaca 1.11k kali
News Polisi Bersihkan Sampah di Pantai, Minta Kelestarian Laut Probolinggo Dijaga Bersama
Personel Polres Probolinggo bersihkan sampah di pantai, saat kampanye jaga kelestarian laut. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, PROBOLINGGO - Sampah di lautan selalu menjadi masalah di berbagai daerah di Indonesia. Hari Kelautan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Juli menjadi momentum bagi Polres Probolinggo untuk mengampanyekan kelestarian laut Indonesia.

Kapolres Probolinggo melalui Kasat Polair Polres Probolinggo, AKP I Wayan Mulyana menyatakan laut adalah milik seluruh warga negara, sehingga menjadi kewajiban bersama untuk menjaganya.

"Laut milik kita semua, sehingga wajib bagi kita untuk bersama-sama menjaga kelestariannya. Pada momentum Hari Kelautan Nasional mari kita menunjukkan komitmen itu," ungkapnya.

Sat Polair Polres Probolinggo, dikatakan I Wayan terus melakukan pengawasan dan pemantauan langsung di laut wilayah Probolinggo.

"Kita rutin patroli untuk memantau lautan di wilayah Probolinggo, termasuk mengantisipasi agar lautan tidak tercemar oleh sampah-sampah (yang dibuang-red) masyarakat," terangnya.

Edukasi kepada para nelayan, komunitas pecinta laut dan masyarakat juga terus ditingkatkan oleh Sat Polair Polres Probolinggo. Sebab, umumnya sampah yang mencemari lautan, adalah sampah plastik yang sulit diurai.

"Penting bagi kita semua untuk menjaga kelestarian laut agar tidak tercemari oleh sampah. Sebab, tidak hanya merugikan kita, tapi semua biota yang ada di laut juga bisa dirugikan," imbuhnya.

Sat Polair juga mengingatkan masyarakat, bahwa perlu diwaspadai adalah sampah yang berasal dari sektor rumah tangga yang dibuang di sungai atau aliran yang terhubung ke laut.

"Biasanya sampah rumah tangga itu juga ada yang dialirkan (melalui sungai) ke laut. Sehingga ini perlu diantisipasi agar tidak terjadi," tegasnya.

Bagi nelayan, Satuan Polair mengimbau agar tidak membuang sampah di lautan. Selain sampah, pihaknya juga melakukan pengawasan sekaligus antisipasi agar lautan di Probolinggo juga tidak tercemari oleh bom ikan dan sejenisnya dari aktivitas nelayan, karena daya rusaknya terhadap ekosistem di laut sangat besar. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV