SUARA INDONESIA

Atap Balai Karya di Gumelem Wetan Nyaris Roboh, Begini Kata Pj Bupati Banjarnegara

Iwan Setiawan - 03 July 2024 | 21:07 - Dibaca 1.31k kali
News Atap Balai Karya di Gumelem Wetan Nyaris Roboh, Begini Kata Pj Bupati Banjarnegara
Atap salah satu gedung balai karya atau balai budaya di Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan, tampak mulai roboh. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, BANJARNEGARA- Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, baru-baru ini telah menyandang predikat sebagai desa budaya tingkat nasional. Bukan lantas berbangga, namun kini telah mulai berbenah untuk membangun desa.

Salah satu yang menjadi kendala terkait kegiatan budaya adalah kondisi balai karya atau balai budaya di Desa Gumelem Wetan yang mulai terlihat usang termakan usia.

Bahkan atap salah satu gedung balai budaya tersebut tampak tidak terawat, karena hampir roboh dan membahayakan warga. Selain itu, atap teras gedung tersebut hanya bertiangkan bambu yang mulai lapuk.

Kepala Desa Gumelem Wetan Chartun mengatakan, jika bangunan balai karya merupakan milik Provinsi Jawa Tengah. Hingga pada 2019 bangunan tersebut diserahkan kepada pemerintah desa untuk dimanfaatkan, namun kondisinya sangat memprihatinkan.

"Saat diserahkan kepada pemerintah desa, kondisi gedung balai karya saat itu sudah sangat memprihatinkan. Karena terkendala oleh anggaran, maka kami berharap kepada Pj Bupati Banjarnegara memprioritaskan anggaran gedung Balai karya untuk perbaikan agar bisa digunakan sebagaimana mestinya," ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Pj Bupati Banjarnegara Muhammad Masrofi menyatakan, setelah meninjau secara langsung kondisi genting salah satu gedung yang mulai roboh, maka pihaknya akan berdiskusi dengan camat untuk mencari solusi rehabilitasi.

"Harapannya setelah dilakukan pembenahan harus dimanfaatkan sebagaimana mestinya, potensi desa dan pariwisata harus ditingkatkan, UMKM bisa bergeliat sehingga ada peningkatan ekonomi warga," katanya.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Iwan Setiawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV