SUARA INDONESIA

Cegah Kecelakaan Laut, DanLanal Sibolga Tekankan Pentingnya Kelengkapan Alat Keselamatan di Kapal

Lamhot Naibaho - 04 July 2024 | 12:07 - Dibaca 1.13k kali
News Cegah Kecelakaan Laut, DanLanal Sibolga Tekankan Pentingnya Kelengkapan Alat Keselamatan di Kapal
Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Sibolga, Letkol Laut (P) Robiyanto, bersama para pelaku wisata taxi water di wilayah Tapteng. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SIBOLGA - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Sibolga, Letkol Laut (P) Robiyanto, memberikan peringatan kepada para pelaku wisata taxi water di wilayah Tapanuli Tengah (Tapteng). Ia menyampaikan tentang pentingnya melengkapi kapal dengan dokumen yang dipersyaratkan, serta alat keselamatan bagi penumpang.

Peringatan tersebut disampaikan saat melaksanakan komunikasi sosial dengan sejumlah pelaku wisata taxi water di Pos Binpotmar Pandan, Gang Nelayan, Jl. Sidimpuan, Kelurahan Kalangan, Kecamatan Pandan, Tapteng, Rabu (03/07/2024).

“Kapal wisata yang beroperasi tanpa dokumen yang lengkap, sangat berbahaya bagi keselamatan penumpang dan awak kapal,” ujarnya.

Kata-kata tersebut membuat suasana semakin serius. Robiyanto menjelaskan, dokumen kapal bukan sekadar formalitas, melainkan salah satu upaya untuk memastikan bahwa kapal layak beroperasi dan siap menghadapi berbagai kondisi di laut.

Ia juga menyampaikan, keselamatan pelayaran harus menjadi prioritas utama bagi setiap pelaku usaha taxi water. “Sebelum berlayar, selalu pertimbangkan kondisi cuaca. Jangan pernah mengabaikan peringatan cuaca buruk,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Danlanal juga mengajak para pelaku usaha agar aktif dalam berbagai program keselamatan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut. “Kegiatan ini bukan hanya untuk kepentingan kami, tetapi juga untuk keselamatan dan kesejahteraan rekan-rekan semua,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang pelaku wisata yang hadiri dalam kegiatan ini menyampaikan terimakasih kepada TNI AL. “Karena dengan adanya kegiatan ini, kami mendapatkan banyak pengetahuan dan wawasan dalam keselamatan berlayar di lautan,” ujarnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lamhot Naibaho
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV