SUARA INDONESIA

Jelang 1 Suro, Jasa Cuci Pusaka di Jombang Kebanjiran Order Capai 500 Pusaka 

Gono Dwi Santoso - 05 July 2024 | 16:07 - Dibaca 1.11k kali
News Jelang 1 Suro, Jasa Cuci Pusaka di Jombang Kebanjiran Order Capai 500 Pusaka 
Yudi Rianto, saat mencuci benda pusaka jenis tombak menjelang 1 Suro, Jumat (05/07/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Menjelang 1 Suro yang tinggal menghitung hari, jasa cuci benda pusaka di Desa Mojotengah, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, banjir orderan. Bahkan, selama sebulan, permintaan jasa cuci mencapai 500 pusaka.

Pantauan di lokasi, banyak pusaka berjejer untuk dicuci. Ada tombak, keris, serta berbagai pusaka lain. Semua benda-benda keramat itu siap dilakukan penjamasan dan dibersihkan.

Yudi Rianto, penjamas benda pusaka itu mengatakan, mencuci benda pusaka menjelang bulan Suro menjadi ritual tahunan. "Hal tersebut dilakukan lantaran benda pusaka, termasuk keris, dianggap sakral sehingga perlu dipelihara dan dirawat," ujarnya.

Yudi menjelaskan, ritual mencuci benda pusaka ini memiliki makna tersendiri. Yaitu agar seseorang dapat membersihkan dirinya dalam menyambut masa yang akan datang.

"Leluhur juga mengatakan, jika bulan Suro ini bulan untuk membersihkan jati diri dan agama masing-masing," jelasnya.

Menurutnya, pusaka harus dijamas minimal satu tahun sekali agar terjaga dari pengeroposan. "Maksimal setiap hari kelahiran kita, tapi hanya diberi minyak .Jika tidak, maka pusaka menimbulkan energi negatif ,sehingga kotor dan rusak," jelasnya.

Yudi menggunakan cara simpel untuk mencuci pusaka berkarat. Yaitu dengan menggosok pusaka menggunakan air kelapa, jeruk dan bahan alami lainnya.

"Yang penting tidak menggunakan bahan kimia. Sebab, akan menambah kerusakan. Cukup dibasuh dan digosok menggunakan bahan alami untuk menghilangkan karat," ungkapnya.

"Biasanya pelanggan yang mencuci pusaka adalah warga sekitar. Ada juga luar Kabupaten Jombang. Jasa cuci pusaka mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 250 ribu, tergantung ukurannya," pungkas Yudi.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV