SUARA INDONESIA

Waspada! Kabupaten Blitar Darurat Kekeringan

Arik Susanto - 06 July 2024 | 12:07 - Dibaca 1.12k kali
News Waspada! Kabupaten Blitar Darurat Kekeringan
Petugas BPBD Kabupaten Blitar sedang melaksanakan kegiatan dropping air bersih bagi warga di Kecamatan Wates. Susanto Suara Indonesia

SUARA INDONESIA, BLITAR - Memasuki Juli 2024, BPBD Kabupaten Blitar, Jawa Timur, mengeluarkan status tanggap darurat bencana kekeringan dan kebakaran hutan atau lahan per tanggal 3 Juni 2024 hingga 31 Agustus 2024. 

Status tanggap darurat ini dikeluarkan hasil rilis BPBD Jatim, dimana Kabupaten Blitar termasuk salah satu daerah di Jawa Timur yang rawan kekeringan. Menyikapi hal tersebut, beberapa antisipasi sudah disiapkan oleh BPBD setempat. 

Kalaksa BPBD Kabupaten Blitar, Ivong Bettryanto mengatakan, secara teknis pihaknya sudah menyiapkan sejumlah personel, armada, sarana prasarana pendukung dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan bencana. 

"Kami telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk siaga saat ada laporan di wilayah yang segera terjun dan melakukan penilaian agar segala permasalahan di lingkungan masyarakat dapat terselesaikan dengan baik," katanya. 

Menurut Ivong, sesuai dengan laporan masuk, beberapa wilayah di Kabupaten Blitar yang diindikasikan terjadi kekeringan adalah di Kecamatan Bakung, Kademangan, Wonotirto, Panggungrejo, Binangun dan Wates. 

"Masyarakat diminta untuk selalu memperhatikan kondisi lingkungan sekitar bila ada hal-hal yang menurut mereka kurang baik diminta untuk melaporkan ke pihak desa setempat supaya diteruskan ke BPBD Kabupaten Blitar dan ditindaklanjuti," imbuhnya. 

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu, masyarakat di wilayah Kecamatan Binangun dan Wates sudah melakukan penurunan tingkat kebersihan lantaran debit air yang berada di rumah mereka mengalami penurunan. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Arik Susanto
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV