SUARA INDONESIA

Jelang Pengesahan Warga Baru Perguruan Silat, Forkopimda Blitar Raya Sepakat Tindak Tegas Pelanggar

Arik Susanto - 06 July 2024 | 20:07 - Dibaca 1.33k kali
News Jelang Pengesahan Warga Baru Perguruan Silat, Forkopimda Blitar Raya Sepakat Tindak Tegas Pelanggar
Beberapa waktu lalu, jajaran Forkopimda Blitar Raya melaksanakan rapat koordinasi persiapan agenda pengesahan warga baru perguruan silat. (Foto: Susanto/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, BLITAR - Ribuan warga baru salah satu perguruan silat di Blitar Jawa Timur, akan mengikuti ritual pengesahan pada Juli 2024. Menyikapi hal tersebut, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Blitar Raya melakukan sejumlah persiapan.

Salah satunya, Forkopimda akan menindak tegas bagi siapapun yang melanggar peraturan terutama yang mengganggu kenyamanan dan ketertiban masyarakat. Mengingat, tahun sebelumnya pernah terjadi peristiwa kurang baik jadi tahun ini mesti diperhatikan.

Kapolres Blitar AKBP Wiwit Adisatria mengatakan, beberapa strategi pengamanan sudah disiapkan dengan melibatkan petugas gabungan mulai dari jajaran kepolisian, Kodim 0808 Blitar, Batalyon 511, Brimob, Satpol PP, Dishub dan lain sebagainya.

"Nantinya, para petugas yang terlibat dalam pengamanan akan ditempatkan di pos masing-masing sesuai dengan rapat koordinasi beberapa waktu lalu. Tujuannya, untuk mengamankan arus lalu lintas dan lain sebagainya," terangnya.

Sementara itu, Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setyo PS, mengimbau kepada masyarakat agar tidak menyebarkan berita hoaks tentang aksi warga baru perguruan silat usai melakukan pengesahan di media sosial, agar situasi menjadi lebih kondusif.

"Jadi tahun lalu, kami sempat menangkap salah satu warga dan begitu ditanya dia mendapat informasi dari media sosial, padahal di lokasi tidak ada peristiwa apapun," imbuhnya.

Sementara Bupati Blitar Rini Syarifah menambahkan, ilmu bela diri merupakan sebuah tradisi kesenian warisan leluhur yang harus dijaga dengan baik. Jangan sampai kotor karena hal-hal negatif, namun harus saling menjaga dan memahami antarsesama. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Arik Susanto
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV