SUARA INDONESIA

LBH GP Ansor Probolinggo Siap Advokasi Masalah Hukum Masyarakat, Kiai dan Pesantren

Lutfi Hidayat - 08 July 2024 | 15:07 - Dibaca 1.45k kali
News LBH GP Ansor Probolinggo Siap Advokasi Masalah Hukum Masyarakat, Kiai dan Pesantren
Ketua LBH GP Ansor Kabupaten Probolinggo, Ichwanur Muslim, saat membacakan deklarasi bela kiai. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, PROBOLINGGO - Ketua LBH GP Ansor Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan Khusus (PKLSus) yang digelar PW GP Ansor Jawa Timur, di Pondok Pesantren Bahrul Huda, Tuban, tanggal 5-7 Juli 2024.

Pernyataan sikap tegas 99 advokat GP Ansor se Jawa Timur untuk membela kiai dan pesantren juga dilakukan pada kesempatan tersebut.

Ketua LBH PW GP Ansor Jawa Timur Khoirun Nasihin, mengungkapkan tugas ideologis yang diamanatkan organisasi kepada Kader LBH Ansor adalah tugas peradaban untuk menjadi bagian inti dari tegaknya keadilan dan melawan segala bentuk kezaliman.

“Tugas kader LBH ini adalah tugas peradaban, peradaban tidak akan bisa tegak berdiri tanpa tegaknya keadilan dalam kehidupan. Maka amanah ideologis ini harus dilaksanakan dengan menjunjung tinggi integritas dan dedikasi yang kuat terhadap tegaknya nilai-nilai keadilan ditengah masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, melalui deklarasi 99 pengacara Ansor bela kiai tersebut, merupakan proyeksi gerakan kepada seluruh aktivis LBH Ansor untuk selalu siap sedia tanpa kenal jeda, dalam memberikan bantuan hukum kepada para Kyai di Nahdlatul Ulama.

Ketua LBH GP Ansor Kabupaten Probolinggo Ichwanur Muslim, S.H mengatakan salah satu program LBH GP Ansor Kabupaten Probolinggo ke depan, akan berfokus pada penyuluhan hukum untuk masyarakat dan memberikan bantuan hukum cuma-cuma bagi masyarakat yang tidak mampu masyarakat.

Sosialisasi masalah hukum juga akan lebih intensif diberikan kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo. "LBH GP Ansor Kabupaten Probolinggo siap mendampingi warga Nahdliyin yang mendapat perlakuan kriminalisasi dan dizalimi khususnya untuk para Kyai Nahdlatul Ulama," ungkap Ichwan Gondrong, sapaan akrab advokat muda ini.

Senada, Ketua LBH GP Ansor Kota Kraksaan, Reza Ardena, S.H menyebut dalam waktu dekat akan melakukan pendekatan komunikasi dan koordinasi secara bertahap kepada pihak lembaga penegak hukum (pengadilan, kejaksaan dan kepolisian) untuk menjalin kerja sama dalam hal penegakan hukum di wilayah Kabupaten Probolinggo bagian timur, agar tercipta keadilan, kemanfaatan dan kepastian hukum bagi warga masyarakat.

"LBH GP Ansor Kota Kraksaan akan berupaya semaksimal mungkin mencapai tujuan yang sudah disepakati oleh PW GP Ansor dan para advokat Ansor se Jawa Timur yaitu menjaga Aqidah Aswaja, Pancasila, NKRI, para kiai dan pondok pesantren NU," terangnya.

LBH GP Ansor Kota Kraksaan ditegaskan siap menjadi wadah bagi masyarakat kurang mampu secara ekonomi, untuk mencari keadilan khususnya warga Nahdliyin yang tersangkut masalah hukum maupun yang menjadi korban dalam suatu permasalahan hukum.

Berikut petikan Deklarasi Pengacara LBH GP Ansor Jawa Timur:

1. Kami Pengacara Ansor dengan ini menyatakan sikap berada di garda terdepan untuk menjunjung tinggi tegaknya keadilan untuk semua.

2. Kami Pengacara Ansor dengan ini menyatakan sikap akan melakukan upaya hukum terbaik bagi kiai dan Pesantren demi mendapatkan perlakuan yang sama di hadapan hukum.

3. Kami Pengacara Ansor dengan ini Menyatakan sikap untuk Melakukan pembelaan hukum terhadap Kiai dan Pesantren Nahdlatul Ulama.

4. Kami Pengacara Ansor dengan ini menyatakan sikap pengabdian tanpa batas untuk menjaga marwah Nahdlatul Ulama.

5. Kami Pengacara Ansor dengan ini menyatakan sikap akan memperjuangkan kepentingan hukum Jam’iyah Nahdlatul Ulama. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV