SUARA INDONESIA

Kabupaten Lamongan Masih Memiliki 149,94 Ribu Penduduk Miskin 

Irqam - 10 July 2024 | 11:07 - Dibaca 1.43k kali
News Kabupaten Lamongan Masih Memiliki 149,94 Ribu Penduduk Miskin 
Ilustrasi warga miskin. (Foto: Irqam/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, LAMONGAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan, Jawa Timur menyatakan masih ada 149,94 ribu jiwa atau 12,42 persen penduduk Lamongan masuk kategori miskin.

“Kemiskinan 149,94 ribu jiwa berdasarkan data BPS per oktober 2023,” ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lamongan Sugeng Widodo, Rabu (10/07/2024).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lamongan, lanjut Sugeng, jumlah tersebut turun dibandingkan tahun 2022, yakni 151,08 ribu jiwa atau 12,53 persen. “Setiap tahun turun angka kemiskinan di Lamongan,” ujarnya.

Meski begitu, Sugeng mengatakan, pemkab belum bisa mengetahui keberadaan tempat orang miskin yang berada di Kabupaten Lamongan. Alasannya, karena keterbatasan data yang disajikan BPS.

“Untuk sebaran per-kecamatan dan by name by address (BNBA) penduduk miskin BPS tidak mengeluarkan,” kata Sugeng.

Tak hanya masalah itu saja, data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang dimiliki Pemkab Lamongan berbeda dengan BPS, sehingga mempersulit untuk mengidentifikasi orang miskin.

“Untuk data P3KE dari Kemenko PMK yang dimiliki oleh Bappelitbangda tidak bisa dijadikan sebagai acuan data kemiskinan yang dirilis BPS,” pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV