SUARA INDONESIA

Aksi Teatrikal Pelajar Kota Probolinggo Warnai Peringatan Sumpah Pemuda dan Haornas 2020

Lutfi Hidayat - 06 November 2020 | 22:11 - Dibaca 1.46k kali
Olahraga Aksi Teatrikal Pelajar Kota Probolinggo Warnai Peringatan Sumpah Pemuda dan Haornas 2020
Perform Pegiat Seni Teatrikal Sanggar Embrio Kota Probolinggo Dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda Kota Probolinggo. Insert: Kepala Dispopar Kota Probolinggo Tabuh Gong Pementasan Teatrikal Perjuangan Tentara Pelajar.

PROBOLINGGO - Semangat Hari Sumpah Pemuda menggelora di Kota Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (06/11/2020) malam.

Sekelompok pelajar dan pemuda menampilkan aksi teatrikal perjuangan tentara pelajar Kota Probolinggo di masa penjajahan. 

Selain memperingati Hari Sumpah Pemuda sejumlah atlet pencak silat juga menunjukkan ketangkasannya bertarung dalam rangka peringatan Hari Olahraga Nasional 2020.

Kegiatan itu digelar di Puri Manggala Bhakti Pemkot Probolinggo yang diinisiasi oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Parisiwata (Dispopar) setempat.

Kepala Dispopar, Budi Krisyanto mengatakan pada kesempatan malam itu disajikan teatrikal perjuangan pelajar Mastrip Kota Probolinggo, agar masyarakat memahami jejak perjuangan tentara pelajar, karena Kota tersebut menyimpan banyak bukti sejarah perjuangan bangsa.

"Karena mungkin masyarakat selama ini belum faham apa itu Mastrip dan tentara pelajar Kota Probolinggo," katanya usai pagelara seni teatrikal.

Pemkot Probolinggo melalui Dispopar merancang kegiatan yang dikemas dalam dua pilar sekaligus, yakni Sumpah Pemuda dan olahraga.

Tujuannya untuk memberikan pembinaan dan pemberdayaan bagi para atlet olahraga dan pemuda Kota Probolinggo dengan segala talenta yang dimiliki.

"Kiranya gelaran seni kali ini sebagai penyemangat untuk bersatu, semangat untuk bangkit dan berjuang," ujar Budi Kris, sapaan akrab Kepala Dispopar Kota Probolinggo itu.

Generasi muda Kota Probolinggo, kata Budi Kris banyak memiliki potensi dan prestasi yang perlu didukung dan dikembangkan oleh pemerintah.

"Gelaran seni ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kota Probolinggo, dalam mengembangkan minat bakat para pemuda dan atlet berprestasi," tegasnya.

Aksi teatrikal yang dilakukan oleh kelompok seni dari sanggar Embrio itu, mengisahkan perjuangan tentara pelajar Mastrib melawan penjajah belanda, di tengah kemelut penghiatan oleh kalangan sendiri.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya