SUARA INDONESIA

Pertahankan Juara Umum di PON Papua, Ridwan Kamil: Jabar Punya Resep Khusus

Mustakim Ali - 15 October 2021 | 14:10
Olahraga Pertahankan Juara Umum di PON Papua, Ridwan Kamil: Jabar Punya Resep Khusus

JAYAPURA - Provinsi Jawa Barat (Jabar) kembali mengukir prestasi dengan menjadi juara umum di pelaksanaan PON XX Papua tahun 2021 dengan torehan mendali emas sebanyak 95.

Perlu diketahui bahwa Jabar sudah mengoleksi prestasi dengan 5 kali juara umum dalam pelaksanaan PON yakni pada tahun 1951, 1953, 1961, 2016 sebagai tua rumah dan yang terakhir pada PON XX tahun 2021 di Cenderawasih.

Untuk mencapai prestasi tersebut tentu bukan hal mudah, seperti yang disampaikan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil Jawa Barat memiliki resep khusus dalam menargetkan prestasi bagi para atletnya.

"Resep utama kita itu pembinaan yang konsisten. Kita cari dulu bibit-bibit unggulnya (calon atlet), carinya dimana ? ya tentu di ivent-ivent yang kita selenggarakan mulai dari tingkat bawah sampai tingkat daerah," ujar Ridwan Kamil kepada seluruh awak media di Kota Jayapura, Jumat (15/10/2021).

Lanjut Kang Emil sapaan akrab Gubernur Jabar tersebut, setelah dipilih para calon atlet dibina dan didik di pusat pelatihan olahraga.

"Dalam 4 tahun terakhir kita sedang bereksperimen dengan yang namanya konsep sport sains, dimana mengkombinasikan ilmu pertumbuhan fisik dengan prestasi. Hal-hal inilah yang membuat kami (Jabar) mampu meraih hasil yang maksimal dalam berbagai ivent-ivent," tuturnya.

Ridwan Kamil juga menegaskan bahwa Jawab Barat berkomitmen dan siap untuk mempertahankan juara umum ini pada PON XXI yang rencananya berlangsung di Aceh tahun 2024 mendatang.

Hasil yang diraih oleh Jawa Barat dalam pelaksanaan PON XX Papua ini merupakan hasil dari kerja keras para atlet, official, KONI Jabar dan seluruh pihak terkait lebih khususnya masyarakat baik yang ada di Papua maupun di Jawa Barat.

"Saya sangat apresiasi kepada semua pihak atas keberhasilan kita (Jabar) di PON XX Papua tahun 2021 ini," ungkapnya.

Tidak lupa juga Ridwan Kamil memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia PON lebih khususnya juga masyarakat Papua yang sudah menyambut baik peserta PON Jabar dan juga peserta PON seluruh Indonesia yang telah memberikan rasa aman dan nyaman selama pelaksanaan PON berlangsung.

Dikutip dari situs resmi PON XX Papua, Jawa Barat sebagai juara umum berhasil mengoleksi 133 emas, 105 perak dan 115 perunggu dengan total mendali 353. Ranerup di raih oleh DKI Jakarta dengan torehan 110 emas, 91 perak, 100 perunggu dengan total 301 mendali. Untuk urutan ketiga  diraih oleh jawa timur dengan 110 emas, 89 perak, 88 perunggu dengan total 287 mendali.

Sedangkan tuan rumah Provinsi Papua berharap finis di urutan keempat dengan torehan emas 93, 66 perak, 102 perunggu dengan total 261 mendali, dan posisi ke-lima disusul Provinsi Bali.

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV