SUARA INDONESIA

18 Cabang Olahraga Berlaga di POPDA Tingkat Kabupaten Cilacap

Agus Sulistya - 25 May 2022 | 21:05
Olahraga 18 Cabang Olahraga Berlaga di POPDA Tingkat Kabupaten Cilacap

CILACAP - Pemkab Cilacap melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Cilacap menggelar Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat Kabupaten tahun 2022.

Lebih lanjut, POPDA tingkat Kabupaten yang digelar oleh Disporapar Cilacap tersebut berlangsung selama tiga hari 24, 25 dan 27 Mei 2022.

Kepala Bidang Keolahragaan Disporapar Kabupaten Cilacap, Paimin mengatakan, POPDA digelar untuk mencari prestasi anak di bidang olahraga tingkat SD/SMP/SMA di wilayah Kabupaten Cilacap.

"POPDA tahun ini ada tiga tingkatan yaitu SD, SMP dan SMA. Kebetulan karena anggarannya terbatas, sehingga kita hanya menggelar 18 cabang olahraga saja," ucapnya kepada wartawan, Rabu (25/5/2022). 

Ke 18 cabang olahraga yang berlaga di POPDA meliputi, bola basket, bola voli pasir, bola voli, sepak takraw, futsal, atletik, renang, panahan, tenis meja, tenis lapangan, bulutangkis, catur, sepeda, senam ritmik, senam artistik, pencak silat, taekwondo dan karate. 

"Untuk kegiatan kita sebar ke beberapa tempat seperti GOR Wijayakusuma, Pantai Teluk Penyu, Futsal indoor, Stadion Wijayakusuma, kolam renang sentul, SMAN 3, gedung tenis indoor dan tempat lainnya," katanya.

Kata dia, masing-masing atlet ditempatkan sesuai dengan cabang olahraga dan sesuai peruntukkannya. 

"Sementara untuk perolehan medali sampai dengan kemarin sore yaitu Komda Sidareja di tingkat SD peringkat pertama memperoleh 6 medali emas, kemudian di tingkat SMP Komda Kroya memperoleh 3 medali emas dan tingkat SMA Komda Majenang memperoleh 3 medali emas," bebernya. 

Jadi masing-masing kontingen, lanjut dia, dibagi menjadi beberapa Komda. Hal itu dikarenakan mengingat masih adanya pandemi Covid-19 dan untuk mengurangi kerumunan.

"Sehingga kami tidak bisa mengundang seluruh Kecamatan, namun dibagi menjadi 6 wilayah yakni Sidareja terdiri dari Kedungreja dan Patimuan, kemudian wilayah Majenang terdiri Wanareja, Karangpucung dan Cimanggu," jelasnya. 

Adapun wilayah Kroya yaitu Nusawungu. Dan pihaknya membagi menjadi per distrik agar tidak begitu banyak baik atlet maupun penonton yang hadir di lapangan. 

Sementara itu, untuk POPDA tingkat provinsi, disampaikannya, akan digelar pada bulan Juni mendatang. Nantinya para atlet juara di Kabupaten akan dikirim untuk berlaga di provinsi. 

Namun, kata Paimin, sebelumnya ada beberapa cabang olahraga melalui tahapan seleksi di karesidenan sebelum naik ke provinsi.

"Seperti sepak takraw, bola voli, bola basket, sepak bola beregu. Nantinya mereka bertarung dengan Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara dan Banyumas. Selanjutnya naik ke tingkat provinsi," pungkasnya. (Satria Galih Saputra)

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya