SUARA INDONESIA

Cerdas (Cerita dari AHASS) Cara Merawat Kampas Rem Motor Honda

Wildan Mukhlishah Sy - 25 December 2021 | 11:12
Otomotif Cerdas (Cerita dari AHASS) Cara Merawat Kampas Rem Motor Honda

MALANG-Sistem pengereman adalah salah satu aspek paling penting dalam keselamatan berkendara bagi kendaraan bermotor. Kampas rem pada kendaraan menjadi salah satu komponen penting yang harus diperhatikan.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan rem. Hal pertama yang dilakukan adalah melakukan pemeriksaan secara berkala setiap 4.000 km. Selanjutnya, periksa keausan kampas rem terhadap batas servis melalui indikatornya.

Kampas rem depan atau pad set dikatakan masih bagus apabila garis indicator pada pad set masih terlihat. Dan kampas rem belakang indikatornya pada paha rem belum ketemu pada saat diinjak.

Perhatikan indikator untuk melihat apakah kampas rem terdengar bunyi berdecit pada saat pengereman atau saat menekan tuas rem atau menginjak pedal rem.

Bersihkan secara rutin debu halus di rumah rem dengan menggunakan kuas dengan air sabun.  

Hindari adanya minyak pelumas pada rumah rem dan piringan rem. Sebaiknya melakukan penggantian Pad Set sesuai dengan batas keausan.

“Perawatan komponen sepeda motor sebaiknya memang dilakukan secara rutin sesuai dengan perawatan yang dianjurkan oleh pabrikan. Ini bertujuan agar kinerja dari komponen tersebut tetap terjaga serta mencegah dari kerusakan yang tidak terdeteksi.“ kata Taufik Hidayah selaku Kepala Bengkel AHASS Kotalama Malang.

AHASS Kotalama Malang memberikan promo menarik untuk kendaraan ojek online dengan diskon 20% jasa service. Dan menjelang akhir tahun, AHASS Kotalama Malang memberikan program Senggol Akhir Tahun yakni Semarak Ganti Oli Akhir Tahun dengan diskon oli sebesar Rp. 20.000 melalui aplikasi Brompit.

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya