SUARA INDONESIA

Selamat Hari K3, Yuk Cari Aman Saat Berkendara

Tim - 20 January 2022 | 17:01
Otomotif Selamat Hari K3, Yuk Cari Aman Saat Berkendara

SURABAYA-Bulan Januari setiap tahunnya diperingati dengan bulan K3. K3, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, merupakan sebuah bidang yang bertujuan untuk memelihara kesehatan dan keselamatan pada sebuah lingkungan kerja. 

“K3 tidak hanya berlaku di proyek dan pabrik saja, K3 juga berlaku pada saat berkendara karena tidak hanya di tempat kerja saja kita bisa celaka tetapi dijalanan juga bisa celaka. Saat ini sepeda motor tidak hanya sebagai alat transportasi semata, tetapi sudah jadi bagian dari mata pencaharian seperti ojek online. Untuk itu pentingnya pengetahuan mengenai cara berkendara agar tetap #Cari_Aman di jalan,” kata Yudistira Ardi selaku Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.

Simak persiapan dan cara berkendara agar tetap aman:

1. Kondisi badan fit

Pastikan kondisi badan dalam keadaan sehat dan cukup istirahat. Faktor kelelahan akan menggangu konsentrasi dan fokus saat berkendara sehingga akan memicu tingkat strees dan berpotensi memicu emosi saat di jalan.

2. Perlengkapan berkendara

Perlengakapan yang wajib digunakan dalam berkendara adalah sebagai berikut:

  • Helm, dalam undang–undang tertulis bahwa helm wajib dikenakan oleh setiap pengendara yang menggunakan kendaraan roda dua. Walaupun jarak yang akan di tempuh itu dekat tetap utamakan keselamatan diri selama di jalanan.
  • Jaket, jaket penting untuk selalu digunakan oleh pengendara motor. Karena jaket bisa untuk menghalau udara yang langsung kontak dengan tubuh kita. Terlebih lagi kalau cuacanya sedang dingin dan berangin kencang.
  • Sepatu, penggunaan sepatu dalam berkendara tidak diwajibkan. Hanya saja, keberadaan sepatu di sini bisa mengurangi resiko cedera pada kaki ketika ada kecelakaan yang terjadi.
  • Pelindung Dada, pelindung dada ini penting bagi pengguna motor yang kerap berkendara jarak jauh. Apalagi saat berkendara di malam hari.
  • Sarung Tangan, manfaat dari pemakaian sarung tangan berfungsi untuk mengurangi resiko cedera pada tangan ketika terjadi kecelakaan. Dan yang paling penting adalah, supaya tangan tidak terbakar panasnya sinar matahari

3. Etika Berkendara yang baik 

Saat berkendara dibutuhkan etika yang baik karena ada pengendara lain yang juga menggunakan fasilitas jalan. Jangan mudah terpancing dengan perilaku pengendara lain karena setiap pengendara mempunyai karakter dan etika yang berbeda, terutama pengendara yang tidak bertanggung jawab.

Pewarta : Tim
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya