SUARA INDONESIA

Tips Cari Aman Liburan di Bromo

Redaksi - 25 January 2022 | 10:01 - Dibaca 1.32k kali
Otomotif Tips Cari Aman Liburan di Bromo
Wisatwan Domestik Touring Menuju Wisata Pegunungan "Gunung Bromo" Menggunakan Motor Bersama Teman-teman (Foto: Istimewa)
SURABAYA-Berwisata di pegunungan memang sangat meyenangkan, apalagi menjelang libur akhir pekan. Di Jawa Timur ada beberapa wisata pegunungan yang popular dan menjadi jujukan bagi para wisatawan domestik maupun asing seperti Gunung Bromo. 

Gunung Bromo merupakan salah satu tujuan wisata utama di wilayah Jawa Timur. Nah, pernah terpikir nggak sih untuk melakukan perjalanan naik motor ke Bromo? Selain lebih murah, juga akan membuat pengalaman liburan jadi lebih berkesan. Apalagi touring bersama dengan teman-teman.

Saat melakukan touring ke tempat wisata mengendarai motor, khususnya yang menempuh jarak ratusan atau bahkan ribuan kilometer dan memakan waktu cukup lama, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengendara.

Mulai dari segi kondisi motor, kesiapan pengendara sampai dengan pemahaman rute jalan yang akan dilalui dan lain sebagainya. Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim, Dimas Satria Kelana memberikan tips persiapan melakukan perjalanan wisata ke Gunung Bromo.

Berikut hal–hal yang perlu dipersiapkan untuk melakukan touring ke Gunung Bromo:

1. Siapkan Kondisi Tubuh 

Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan tidak mengantuk karena berkendaran di pegununggan terutama di Bromo harus extra dan membutuhkan konsentrasi karena melewati berbagai perjalanan perkotaan, pedesaan hingga pegunungan, jalanan aspal, jalanan rusak, maupun jalanan basah apabila terkena hujan

2. Siapkan kondisi motor

Karena perjalanan yang akan ditempuh cukup panjang maka kondisi motor harus prima. Lakukan service berkala di AHASS agar motor dalam kondisi aman dan nyaman.

Dalam service berkala, motor akan diperiksa secara detail mulai dari kelayakan ban, kondisi sprocket-rantai, fungsi rem, kondisi oli, fungsi lampu sampai tegangan battery. Selain itu pada bagian mesin juga akan diperiksa seperti pembersihan saringan udara, CVT, karburator atau injector juga pemeriksaan kompresi. Setelah melalui perawatan berkala tersebut tentu motor kita akan siap diajak touring.

3. Perlengkapan berkendara

Perlengkapan berkendara menjadi modal penting untuk keamanan, kenyamanan, hingga kesehatan pengendara itu sendiri. Selain menggunakan helm, juga diwajibkan menggunakan riding gear yang lain seperti Jaket, sarung tangan, sepatu, celana panjang yang sesuai standart Nasional Indonesia karena fungsi riding gear sendiri sudah jelas yaitu melindungi tubuh dari benturan atau goresan saat terjatuh dari motor.

4. Tentukan rute touring

Rute jalan bisa dicek melalui aplikasi GPS atau maps untuk mengetahui estimasi waktu dan jarak yang ditempuh. Sebaiknya beristirahat setiap menempuh perjalanan selama dua jam. Jangan lupa untuk tetap patuhi rambu lalu lintas dan marka jalan selama perjalanan touring.

5. Penggunaan rem yang tepat

Jalan berliku serta jalan naik turun emang menyenangkan seperti perjalanan menuju Gunung Bromo, akan tetapi jalan menyenangkan itu bisa menjadi jalan berbahaya kalau tidak mempunyai pengetahuan mengenai teknik berkendara , Salah satunya penggunaan rem. Penggunaan rem ini harus tepat yakni bergantian antara depan dan belakang untuk menghidari penggunaan rem yang berlebih. 


"Mengingat kondisi saat ini masih pandemi agar tetap mematuhi protokol kesehatan selama di tempat wisata dan yang tak kalah penting jangan lupa membawa jas hujan di saat musim hujan seperti sekarang ini. Persiapan sebelum berkendara sangat penting agar selalu #Cari_Aman yakni slogan keselamatan berkendara dari Honda” kata Dimas 

MPM Safety Riding Centre

Masyarakat Jawa Timur dapat belajar tentang keselamatan berkendara di MPM Safety Riding Centre yang ada di Sedati Sidoarjo. MPM Safety Riding Centre dapat digunakan masyarakat umum pengguna sepeda motor untuk belajar mengenai keselamatan berkendara dengan didukung oleh lima instruktur safety riding yang unggul dan bersertifikat Internasional. 

Beragam kegiatan edukasi pelatihan Safety Riding yang disiapkan dan dilaksanakan di fasilitas ini dan sudah dibuka dengan menyesuaikan protokol kesehatan yang berlaku, sehingga kegiatan berbagi ilmu keselamatan berkendara ini dapat berlangsung maksimal.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV