SUARA INDONESIA

Wajib Tahu, Kenali Karakter Motor Agar Cari Aman Saat di Jalan

Tim - 15 September 2022 | 16:09
Otomotif Wajib Tahu, Kenali Karakter Motor Agar Cari Aman Saat di Jalan

SIDOARJO– Saat mengendarai motor tentu ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan riding atau perjalanan. Keselamatan dalam mengendarai motor prioritas utama setiap pengendara. Wajib memahami teknik berkendara agar aman dan nyaman, serta bisa memprediksi potensi bahaya di jalan raya.

Sepeda motor menjadi salah satu pilihan alat transportasi dan sering digunakan masyarakat. Tak heran jika sepeda motor menjadi kendaraan alternatif yang sering digunakan untuk bepergian ataupun untuk beraktifitas sehari-hari. 

“Untuk itu perlu diketahui terlebih dulu pentingnya kita mengenali motor yang akan dikendarai, baik dari prosedur penggunaan, spesifikasi dan fitur-fiturnya, serta yang terpenting wajib mengenali karakter dan teknik berkendara. Setidaknya hal-hal tersebut mampu untuk membuat perjalanan lebih aman dan nyaman.” kata Dimas Satria, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.

Pengetahuan dasar yang perlu dipelajari adalah mengetahui beragam fitur-fitur sepeda motor yang berhubungan dengan keselamatan berkendara, seperti sistem pengereman, instrumen lampu, kaca spion serta lainnya. Memahami beragam fitur ini sangatlah penting, khususnya bagi pemula ataupun para pengendara baru untuk mengurangi potensi bahaya saat berkendara bagi diri sendiri ataupun orang lain.

Sepeda motor Honda dirancang tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan transportasi publik, namun juga mempertimbangkan aspek keselamatan pengendaranya. Hal ini dibuktikan dengan fitur-fitur yang disematkan pada sepeda motor Honda. 

Contohnya fitur keselamatan yang ada di motor tipe Matic Honda yang dilengkapi dengan standar samping atau side stand switch. Ketika standar samping diturunkan sepeda motor tidak akan bisa menyala ketika distarter. Hal ini mengharuskan agar pengendara menaikkan terlebih dahulu standar samping sebelum menyalakan sepeda motor. Dengan adanya teknologi side stand switch, pengendara tidak akan lupa menaikkan standar samping disaat mengendarai sepeda motor di jalan. Fungsi lain dari side stand switch mematikan mesin secara otomatis ketika standar samping diturunkan.

“Dengan mengetahui spesifikasi teknis sepeda motor, kita dapat memperkirakan batas-batas dari kemampuan dan pemakaian sepeda motor baru kita, serta dengan fitur-fiturnya yang membuat semakin memudahkan dan membantu pada saat kita berkendara.” tambah Dimas.

Selanjutnya pengendara motor juga membutuhkan skill yang baik agar aman untuk diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. Misalnya, para pengendara perlu menguasai dua teknik dasar penting dalam berkendara, yaitu kontrol gas dan pengereman yang baik. Posisi saat berkendara atau yang lebih dikenal dengan Riding Posture atau Riding Position lalu karakter handling atau pengendaliannya, kemudian karakter dari tenaga dan torsi yang dihasilkan motor juga tak kalah penting.

Pengemudi maupun penumpang harus memahami teknik berkendara yang baik dan benar untuk kenyamanan saat di jalan raya. Posisi berboncengan yang aman pun wajib diketahui pengemudi dan penumpang sepeda motor.

Kemampuan berkendara yang aman perlu diasah secara rutin sehingga memudahkan dalam mengambil keputusan saat menghadapi berbagai situasi di jalan raya. Simulasi berbagai situasi jalan raya ini dapat ditemukan di pusat pelatihan keselamatan berkendara, yaitu MPM Safety Riding Centre yang terletak di Sedati - Sidoarjo. MPM Safety Riding Centre merupakan salah satu saran pelatihan berkendara untuk mengenal cara berkendara sepeda motor baik.

Di MPM Safety Riding Centre, pengendara juga dapat berlatih menggunakan dengan alat simulasi berkendara seperti Honda Riding Trainer (HRT) agar dapat berlatih teknik dasar berkendara dan meningkatkan pemahaman tentang keselamatan berkendara secara aman dan efektif. MPM Safety Riding Center dilengkapi dengan area course on road yang menfasilitasi berbagai pembelajaran, seperti keseimbangan, cornering dan slalom, pengereman, hingga melatih berkendara dengan simulasi rambu lalu lintas. 

“Sepeda motor Honda juga dirancang dengan mempertimbangkan keselamatan pengendaranya. Tentunya masyarakat juga harus mengkolaborasikan antara teknik berkendara yang aman, dengan fitur yang telah disematkan di sepeda motor Honda guna meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara sepeda motor di jalan raya seperti slogan keselamatan dari Honda yakni #Cari_Aman “ tutup Dimas.

Pewarta : Tim
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV