SUARA INDONESIA
Banner

Yasonna Laoly Apresiasi Fasilitas Layanan Publik Kantor Imigrasi Malang

KOTA MALANG - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly, mengapresiasi inovasi fasilitas pelayanan publik yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang.

Beberapa inovasi yang dilakukan antara lain ruang tunggu, ruang ramah HAM, ruang laktasi, play ground, fasilitas untuk masyarakat berkebutuhan khusus dan lainnya.

"Dari pintu depan sampai saya masuk kedalam sudah memenuhi standar pelayanan publik sebagaimana mestinya," ujar Yasonna Laoly saat meninjau Kantor Imigrasi Malang, Rabu (16/09/2020).

Yasonna berpesan agar inovasi pelayanan publik yang sudah dibuat Kantor Imigrasi Malang tetap dijaga keberlanjutannya. Ia berharap fasilitas pelayanan publik yang sudah ada harus di imbangi dengan petugas yang melayani sepenuh hati.

 "Jangan sampai hanya penampilan fisik saja yang oke, tapi harus betul-betul seluruh petugas yang ada melaksanakan pelayanan yang baik, contohnya melayani para pemohon paspor, orang asing yang membutuhkan Kitas atau Visa harus betul-betul dilayani dengan baik," bebernya.

Melihat perubahan kantor yang semakin nyaman, Yasonna berharap Imigrasi Malang dapat meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

"Mulai dari pintu awal sampai masuk kedalam hingga keluar kesannya masyarakat merasakan perubahan yang berbeda, tidak ada pungutan, sehingga kita harapkan Kanim Malang bisa merebut WBK," ujarnya.

Sementara, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Ramdhani mengatakan pihaknya sudah melakukan persiapan jauh hari dalam mengikuti kontestasi WBK.

"Sejak Februari lalu kita sudah mempersiapkan kontestasi dalam mendapatkan predikat WBK," ujarnya.

Adapan persiapan dan program yang sudah dijalankan Kantor Imigrasi Malang selama ini telah bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Kami baru saja membuka Unit Layanan Paspor di Lippo Plaza Mall Batu untuk menyentuh masyarakat yang sekiranya lokasinya jauh," pungkasnya.

Selain itu, Imigrasi Malang juga telah membuka Unit Kerja Keimigrasian (UKK) di Kabupaten Probolinggo. Kedepan, pihaknya akan memperluas pelayanan hingga ke daerah yang sulit dijangkau.

"Kedepan akan kita buka di Mal Pelayanan Publik Pasuruan, Kota Probolinggo serta Kepanjen (Kabupaten Malang)," ucapnya.

Dalam kunjungan itu, Yasonna hadir bersama Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah dan Kakanwil Kemenkumham Jatim, Krismono.

Apa Reaksi Anda?