SUARA INDONESIA

Bupati Puncak Jaya: Mekanisme Penyaluraan BLT Harus Sesuai dan Tepat Sasaran

Mustakim Ali - 02 November 2020 | 08:11 - Dibaca 461 kali
Pemerintahan Bupati Puncak Jaya: Mekanisme Penyaluraan BLT Harus Sesuai dan Tepat Sasaran
Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM

MULIA – Suksesnya penyaluran Dana BLT/Dana Kampung tahap I Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua mendapat respon positif masyarakat, hal ini dikarenakan mekanisme penyaluran dana yang dibagikan dapat dirasakan langsung manfaatnya.

Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM dalam Apel Gabungan ASN, Instansi Vertikal dan Ormas di Mulia, pada hari Senin (02/11/2020) dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam penyaluran dana BLT ini sendiri telah melalui beberapa evaluasi yang pada awalnya dirasa tidak efektif.

"Masyarakat sangat senang dan setuju pendistribusian dana BLT/Dana Kampung saat ini dibagi menjadi tiga zona langsung ke Distrik, dikarenakan permasalahan sebelumnya ada oknum yang tidak bertanggungjawab, setelah terima dana BLT tidak langsung didistribusikan kepada Masyarakat. Kepala kampung habis terima dana tidak bawa ke kampung namun berangkat bawa uang ke kota sedangkan masyarakat di Kampung tidak merasakan dampaknya," ungkap Bupati Yuni.

Perlu diketahui penyaluran BLT atau dana kampung sebelumnya dilakukan secara terbuka di Ibu kota Kabupaten yakni Distrik Mulia melaui Bank Papua. Namun dalam evaluasinya, Bupati menilai fisik dana tidak sampai kepada masyarakat.

Yuni Wonda meminta pihak yang tidak puas dengan kepemimpinannya untuk tidak menggoreng isu – isu yang hoax dalam setiap kebijakan yang diambilnya, namun jika ada persolan untuk membuktikan langsung dilapangan. Dirinya berharap siapapun dengan alasan apapun untuk tidak memberikan isu-isu yang tidak bertanggung jawab guna menolak atau menghalangi kegiatan pemerintahan dalam pembagian Dana BLT tersebut.

“Masalah-masalah yang ada akan tetap kami selesaikan, kami bukan orang baru, tetap kami akan menyelesaikannya. Maka dari itu kami mencoba hal baru dan dampaknya sangat-sangat positif dan sampai hari ini masyarakat berdoa. Jadi pembagian kedepannya akan tetap seperti tahap pertama,”tegas Bupati.

Bupati Yuni juga berharap untuk kedepannya Kepala Distrik agar dapat menjaga dan mengawal serta memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat, dan untuk beberapa minggu kedepan tetap akan dilakukan pembagian dana BLT.

Hal tersebut senada dengan Kepala DPMK Kabupaten Puncak Jaya, Yahya Wonerengga, S.IP melalui seluler mengiyakan hal tersebut. Dirinya menerangkan bahwa siap dan selalu mendukung kebijakan pimpinan dalam hal ini Bupati Puncak Jaya dalam rangka penyaluran Dana BLT Tahap dua.

"Kami pada prinsipnya mendukung kebijakan Bupati dalam rangka penyaluran dana BLT tahap dua, adapun pembagian dana BLT dibagi menjadi tiga zona, yakni Zona I ( Mulia, Yamo, Mewoluk, Tingginambut, dst) terfokus di Distrik Mulia, Zona II ( Ilu, Kalome, Nioga, Nume, dst) terpusat di Distrik Ilu dan Zona III Terpusat di Distrik Fawi meliputi (Fawi , Dagai dan Torere),” ungkapnya.

Yahya mengaku bahwa akan terus mendukung dan mengawal sampai dengan selesai sesuai dengan arahan dan kebijakan Bupati Puncak Jaya mulai dari persiapan, pendistribusian bahkan sampai pertanggung jawabannya.

“Kami akan terus mengawal penyaluran dana BLT ini sampai dengan selesai dan kami sudah menyiapkan kelengkapan-kelengkapan yang diperlukan dalam rangka penyaluran dana ini,” Ujar Kadin DPMK yang meraih predikat terbaik Penyaluran Dana Desa 2019.

Yahya menambahkan, pembagian dana BLT akan disalurkan dalam waktu dekat yang direncanakan pada bulan November ini serta kondisi masyarakat di beberapa kampung sangat tenang dan kondusif dikarenakan dengan adanya kebijakan Bupati terhadap pembagian Dana melalui tiga zona.

"Masyarakat sangat mengapresiasi dan senang dengan adanya pembagian BLT melalui tiga zona pembagian, dikarenakan sebelumnya pembagian ini tidak seluruhnya dirasakan masyarakat setempat,”tutup Yahya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024