SUARA INDONESIA

Komitmen Ciptakan Pilkada Lamongan Damai di Tengah Pandemi, 1.455 TNI Polri Siaga di TPS

M Nur Ali Zulfikar - 08 December 2020 | 17:12
Pemerintahan Komitmen Ciptakan Pilkada Lamongan Damai di Tengah Pandemi, 1.455 TNI Polri Siaga di TPS

LAMONGAN - Ada sebanyak 1.455 personil gabungan TNI dan Polri yang siaga pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Ribuan personil tersebut diberangkatkan secara simbolis oleh Bupati Lamongan, H. Fadel, Kapolres Lamongan, AKBP Harun dan Dandim 0812 Letkol Inf. Sidik Wiyono di Stadion Surajaya, Selasa (8/12/2020), pagi.

Dalam sambutan pengarahan, Bupati Fadeli mengatakan, pelaksanaan apel ini guna untuk pengecekan kesiapan personil dalam rangka pelaksanaan Pilkada nanti.

"Pilkada kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena di masa pandemi semua diharuskan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Fadeli.

Fadeli menegaskan, untuk mendukung pelaksanaan tugas mewujudkan Pilkada yang aman, damai dan kondusif diperlukan sinergitas dari seluruh instansi terkait.

"Siapkan mental dan fisik serta petakan kerawanan, perkuat kerja sama yang harmonis, tingkatkan kewaspadaan daerah yang rawan bencana ,lakukan penindakan terhadap para pelanggar. Semoga kegiatan Pilkada nanti dapat berjalan lancar," tegas orang nomor satu di Lamongan ini.

AKBP Harun mengungkapkan, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Lamongan adalah 1.038.756. Dengan rincian 514.009 pemilih laki - laki dan 524.747 pemilih perempuan. Jumlah itu akan melaksanakan pencoblosan di 3.071 TPS. 

"Jumlah pasukan dari Polri ada 829 yang dibantu dari Polres Jombang dan Bojonegoro. Kemudian dari Kodim 0812 ada 626 personil TNI AD dan dibantu oleh Linmas sebanyak 6.152 personil," terang Alumnus Akademi Kepolisian 2001 ini.

Harun berharap, dalam pelaksanaan Pam seluruh personil dalam kondisi sehat, apabila ada yang sakit segera melapor, agar segera dilakukan penanganan medis. Selain itu, pastikan seluruh anggota terdaftar dalam Sprint agar mengetahui posisi atau tempat Pam.

"Gunakan bekal dan peralatan lain guna mendukung pelaksanaan tugas Pam. Perhatikan 12 tata cara Pam, karena pelaksanaan Pilkada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan lancar. Semoga pelaksanaan Pilkada Lamongan tahun ini dapat berjalan lancar," jelas pria asli Rembang, Jawa Tengah ini.

Sementara, Dandim 0812, Letkol Inf. Sidik Wiyono mengimbau agar seluruh personil segera mengenal lingkungan dan memahami alur masyarakat yang sedang melaksanakan pencoblosan.

"Laksanakan tugas ini dengan ikhlas serta bertanggung jawab. Laksanakan koordinasi dengan instansi terkait apabila ada kendala pada saat pelaksanaan Pilkada. Selalu berdoa, jaga kesehatan sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar," imbuh Alumnus Akademi Militer 2001 ini.

Pewarta : M Nur Ali Zulfikar
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya