SUARA INDONESIA

Wujudkan Pelayanan Maksimal, Wabup Keerom Sidak ke Puskesmas Arso Kota

Mustakim Ali - 26 January 2021 | 16:01 - Dibaca 1.67k kali
Pemerintahan Wujudkan Pelayanan Maksimal, Wabup Keerom Sidak ke Puskesmas Arso Kota
Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, saat melakukan inspeksi mendadak di Puskesmas Arso Kota.

KEEROM – Dalam rangka melihat sejauh mana pelayanan kesehatan di Keerom, Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Faskes di Keerom khususnya di Puskesmas Arso Kota, Jl. Transpapua, Arso, pada Selasa (26/01/21).

Pada sidak kali ini, tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas Arso Kota, termasuk Kepala Puskesmas, Yusnita Pabeno, nampak terkejut. Tiba di Puskesmas Wabup langsung meninjau pelayanan kesehatan disana dan dimulai dari tempat pendaftaran pasien yang hendak mendapat pelayanan kesehatan. Bahkan ia sempat berbincang dan menanyakan langsung kepada masyarakat tentang pelayanan kesehatan di Puskesmas tersebut.

Selanjutnya Wabup juga melihat langsung pelayanan kesehatan di poli-poli yang ada baik itu pelayanan apotik, serta UGD dan administrasi Puskesmas. Selanjutnya menuju ke bagian belakang Puskesmas untuk melihat fasilitas bagi Nakes yang ada seperti rumah dinas bagi Dokter serta mess bagi tenaga kesehatan baik putra maupun putri.

Wabup nampak serius melakukan sidak, kemudian menanyakan beberapa hal yang perlu diketahuinya dan mendapatkan penjelasan baik dari Kepala Puskesmas, Yusnita Pabeno maupun dari Kadis Kesehatan Keerom, Franklin Uriager.

Pada sidak kali ini, selain melihat pelayanan Puskesmas Arso Kota, Wabup juga melakukan rapat dengan pimpinan-pimpinan bidang kesehatan di Keerom. Diantaranya Kadis Kesehatan Keerom dan Kepala Puskesmas serta Direktur RSUD Kwaingga, dr. Bernadetha Ekasoeci.

Dalam kesempatannya Wabup Piter Gusbager menyatakan bahwa tujuan dirinya melakukan sidak adalah dalam rangka melihat situasi pelayanan para OPD nya kepada masyarakat di awal tahun 2021 ini.

"Selain cek kesiapan, tujuan sidak ini juga untuk melihat persoalan-persoalan yang ada di Puskesmas, baik dari sisi manajemen atau persoalan lain. Yang jelas saya intruksikan mulai tahun ini harus ada pembenahan dalam pelayanan di Puskesmas dan RSUD Kwaingga, sehingga hari ini saya bersama Kapus Arso Kota, Direktur RSUD Kwaingga dan Kadis Kesehatan melakukan perbincangan tentang hal-hal yang perlu menjadi perhatian dan pembenahan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Keerom,"ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Wabup juga menjelaskan kebijakan kesehatan Pemkab Keerom tahun 2021 khususnya ia sebagai Bupati terpilih yang nantinya akan meneruskan kepemimpinan di Keerom dari periode sebelumnya.

"Beberapa hal yang perlu dibenahi diantaranya mengevaluasi personalisa RSUD, tenaga pendukung di Puskesmas, fasilitas listrik, serta fasilitas pendukung lainnya,"ungkapnya.

Ia juga mengingatkan bahwa pelayanan kesehatan yang baik di Puskesmas Arso Kota hendaknya perlu dijaga dan ditingkatkan, termasuk fasilitas kesehatan lainnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa tahun 2021, di Keerom akan segera dibangun fasilitas unit tranfusi darah, seiring dengan telah dibukanya puskesmas dan fasilitas kesehatan yang ada di Keerom.

"Memang seharusnya masyarakat harus percaya kepada tenaga medis di Keerom yang sudah memenuhi kualifikasi, Profesional, berdedikasi sehingga saya harap masyarakat jangan apatis dan terprovokasi untuk info yang tak benar. Masyarakat jika sakit harus datang ke puskesmas dan RSUD untuk mendapatkan perawatan, pengobatan dan pelayanan kesehatan lainnya,"pungkasnya.

Sementara Kadis kesehatan Keerom, Frangklin Uriager, menilai positif Sidak Wabup tersebut.

"Kami sangat bangga Wabup bisa kunjungi langsung ke puskesmas, dan juga puskesmas lain juga kalau bisa dikunjungi agar pelayanan kesehatan meningkat,"paparnya.

Sedangkan Direktur RSUD Kwaingga, dr. Bernadetha Ekasoeci menilai bahwa kunjungan wabup penting bagi nakes apalagi bagi RSUD, Wabup memastikan aka nada UTDRS di RSUD Kwaingga tahun 2021 ini.

"Ini akan sangat membantu karena pasien kita selama ini kesulitan dilayani bilamana membutuhkan transfusi darah sehingga harus ke Abe atau Jayapura,"ujarnya.

Lain lagi Kepala Puskesmas Arso Kota, Yusnita Pabeno. Menurutnya, sidak Wabup tadi sangat berarti apalagi Wabup juga menyampaikan komitmennya untuk mendukung para Nakes di Keerom bisa meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Arahan beliau tadi jelas adalah untuk meningkatkan dan memperkuat pelayanan poli-poli di Puskesmas Arso Kota, terutama untuk Poli UGD. Karena posisi atau lokais puskesmas yang berada dipinggir jalan poros transpapua, Arso kota, maka peran UGD sangat penting. Kami berharap bisa maksimal lagi pelayanan disini terkait dengan penambahan kelengkapan alat dan tenaga kesehatan yang kami perlukan tahun ini,"harapnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024