SUARA INDONESIA

Besok, Tes Ujian Untuk Lowongan Perangkat Desa di Tuban Dimulai

Achmad Junaidi - 23 March 2021 | 17:03
Pemerintahan Besok, Tes Ujian Untuk Lowongan Perangkat Desa di Tuban Dimulai

TUBAN - Besok Pemerintah Kabupaten Tuban akan melaksanakan tes pada calon perangkat desa melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (Dispemas-KB) Tuban. Sebelumnya pendaftaran untuk mengisi perangkat desa sudah dibuka sejak april 2020.

Kasi Peningkatan Kapasitas Aparat dan Lembaga Pemerintahan Desa, Suhud mengatakan, pendaftaran lowongan perangkat desa sudah dilakukan sejak bulan April 2020, karena ada pandemi, sehingga proses seleksi ditunda.

“Itu sudah lama pendaftarannya, cuman karena Covid-19, jadi ditunda dulu dan baru bisa dilaksanakan sekarang,” ungkap Suhud saat dikonfirmasi via telepon oleh suaraindonesia.co.id. Selasa,(23/03/2021).

Suhud menambahkan besok Rabu 24 Maret 2021 akan dilaksanakan tahap ujian tes tulis dan praktek komputer di masing-masing kantor kecamatan di Kabupaten Tuban, diikuti 80 desa yang ada di Tuban.

“Posisi yang dibutuhkan ada dari 98, sedangkan untuk pendaftar atau pelamar ini sudah 1504 orang,” ujar pria asal Plumpang ini.

Dikatakan lebih lanjut, untuk tes tulis, terdapat 5 ujian, yaitu Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, Pengetahuan Umum, Pengetahuan Pemerintahan, dan Komputer. 

“Selain tes tulis untuk 5 materi itu, peserta juga akan di tes praktek komputer. Untuk penilaian sudah ada tim yang dibentuk oleh Bupati, jadi Dipemas Tuban tidak ikut campur soal itu,” imbuhnya.

Lanjut, Suhud juga menyampaikan tesnya dimulai pukul 09.00-11.30 Wib untuk tes tulis, setelah itu akan dilanjutkan ke tes praktek komputer sampai selesai.

“Pelaksanaan tetap kita terapkan dengan mengikuti protokol kesehatan (prokes), jadi semoga aman-aman saja,” terang Suhud.

Sementara itu, menurut Suhud dari semua kecamatan ada yang tidak membuka lowongan, yaitu Kecamatan Kerek.

“Jadi bukan semua kecamatan yang ada di Tuban mengikuti tes untuk lowongan perangkat, hanya ada 80 desa yang akan mengikuti, 19 kecamatan kecuali Kecamatan Kerek karena tidak ada lowongan perangkat,” pungkasnya. (DAF/Nang). 

Pewarta : Achmad Junaidi
Editor : Junaidi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV