SUARA INDONESIA

Buka Festival Kresnayana III, Bupati Berharap Wisata Budaya di Kabupaten Blitar Semakin Menggeliat

Ari - 03 April 2021 | 23:04
Pemerintahan Buka Festival Kresnayana III, Bupati Berharap Wisata Budaya di Kabupaten Blitar Semakin Menggeliat

Blitar - Bupati Blitar Rini Syarifah berharap wisata budaya di wilayah setempat semakin menggeliat di tengah pandemi COVID-19. Hal itu diungkapkan langsung saat membuka dan menyaksikan pagelaran festival kresnayana III di Gedung Bhakti Budaya Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Sabtu (03/04/2021) malam. 

Menurut Rini, event kresnayana memiliki peran yang cukup besar dalam menjaga, melestarikan sekaligus mewariskan seni budaya kepada semua lintas generasi. Untuk itulah, masyarakat diajak agar tetap mengenal dan menjunjung tinggi seni budaya di daerah masing-masing. 

"Kalau candi prambanan mempunyai sendratari ramayana sedangkan Kabupaten Blitar memiliki festival kresnayana di candi penataran. Dimana candi tersebut merupakan candi terbesar di Jatim dengan relief cerita tentang kresnayana dan cerita seni budaya lainnya," tandasnya. 

Rini mengatakan, sebenarnya festival kresnayana mempunyai daya tarik tersendiri bagi siapapun termasuk wisatawan domestik dan mancanegara. Sehingga, kegiatan yang berbau positif seperti ini harus dikembangkan supaya bisa memberikan peluang terlebih dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Memang pandemi COVID-19 telah berdampak negatif pada industri pariwisata tetapi jangan sampai dijadikan suatu alasan justru harus dipacu agar semuanya bangkit dan roda perekonomian kembali berjalan normal," kata Rini kepada Suara Indonesia Sabtu. 

Rini juga mengingatkan kepada seluruh pengelola wisata di Kabupaten Blitar terus mengedepankan protokol kesehatan terhadap seluruh pengunjung. Dan pengelola harus melakukan pembersihan secara berkala di area sekitar supaya penanganan COVID-19 berjalan maksimal. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur, Sinarto mengatakan, festival kresnayana sudah masuk di kalender event Pemprov Jatim dan direncanakan pada tanggal 05 Juni mendatang akan digelar festival kresnayana IV di Amphitheater Penataran. AHS 

Pewarta : Ari
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV