SUARA INDONESIA

Dukung Pengembangan Produk Lokal, Bupati Blitar Rini Luncurkan Kampung Ramadhan

Ari - 03 May 2021 | 13:05
Pemerintahan Dukung Pengembangan Produk Lokal, Bupati Blitar Rini Luncurkan Kampung Ramadhan

Blitar - Bupati Blitar Rini Syarifah secara resmi menutup kegiatan operasi pasar dan membuka kampung Ramadhan Kabupaten Blitar menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H di halaman play ground Kanigoro, Senin (03/05/2021) siang. 

Dalam peresmian kampung Ramadhan, dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso, Pj Sekda Kabupaten Blitar, Asisten Pemerintahan, Kepala OPD,Ketua Dekranasda Kabupaten Blitar dan Ketua TP PKK Kabupaten Blitar. 

Dalam sambutannya, Mak Rini sapaan akrab Bupati Blitar menyampaikan bahwa, pembukaan kampung Ramadhan bertujuan untuk mendukung serta mengembangkan produk-produk lokal yang ada di wilayah setempat. Sehingga, dengan adanya event ini dapat mendorong perputaran roda ekonomi dari hulu ke hilir. 

"Hari ini saya meluncurkan kampung Ramadhan di sekitar alun-alun Kanigoro yang dimulai pada tanggal 03 sampai 05 Mei mendatang. Sebelumnya kita sudah menggelar operasi pasar dan Alhamdulillah mendapat respon yang baik. Semoga kegiatan kali ini juga membawa manfaat bagi pelaku usaha dan masyarakat," kata Rini di Kanigoro Senin. 

Bupati Rini menjelaskan, berdasarkan data yang diterima, selama gelombang virus corona melanda pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Blitar anjlok yakni pada tahun 2019 lalu mencapai 5,12 persen turun menjadi 2,29 persen. Untuk itu, pemerintah daerah berkomitmen menata kembali perekonomian dengan menggelar acara semacam ini. 

"Saya berharap keberadaan kampung Ramadhan bisa membantu mengungkit daya beli masyarakat dan menggerakkan roda perekonomian supaya di bulan puasa dan lebaran tahun ini kita dapat menikmati harga kebutuhan pokok maupun produk UMKM dengan harga yang murah," ujar Rini kepada Suara Indonesia Senin. 

Sementara itu, Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Blitar Heru Pujiono mengatakan, selama pelaksanaan operasi pasar yang diselenggarakan di beberapa kecamatan mendapat respon yang cukup bagus terbukti sejumlah kebutuhan pokok laris dibeli konsumen. Diharapkan, kampung Ramadhan juga membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Mengakhiri kegiatan kali ini, Bupati Blitar bersama Wakil Bupati Blitar menyempatkan waktu meninjau secara langsung stand pelaku usaha yang mengikuti kegiatan kampung Ramadhan. 

Pewarta : Ari
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV