SUARA INDONESIA

BPBD: Waspada Gelombang Laut di Blitar Tinggi

Ari - 26 May 2021 | 16:05
Pemerintahan BPBD: Waspada Gelombang Laut di Blitar Tinggi

Blitar - Akhir-akhir ini cuaca di Kabupaten Blitar kembali menunjukkan peningkatan, biasanya panas seharian kini mulai mendung di siang hari bahkan terjadi hujan dengan intensitas sedang di malam harinya. 

Disamping itu, berdasarkan ramalan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), tinggi gelombang laut lebih dari 2.5 m di perairan selatan Jawa Timur dan samudera hindia selatan Jatim. 

Menyikapi hal itu, Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, Lukman Rubai meminta warga masyarakat tetap waspada dengan perubahan cuaca di akhir bulan Mei. 

"Prakiraan gelombang laut maksimum di wilayah Kabupaten Blitar pada hari Rabu (26/05) memiliki cuaca berawan, potensi hujan ringan dan tinggi gelombang diperkirakan mencapai 2.3 sampai 4.75 m. Jadi masyarakat harus berhati-hati," katanya. 

Menurutnya, adanya himbauan ini masyarakat harus waspada dan jangan panik tetapi terus berhati-hati. Manakala ada informasi mendadak segera melakukan upaya mitigasi bencana atau upaya untuk mengurangi risiko bencana dengan cara berkordinasi dengan petugas desa. 

"Bagi pengunjung yang berada di pantai selatan dihimbau tidak bermain air laut karena saat ini ada gelombang tinggi. Hal itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," imbuhnya. 

Pewarta : Ari
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV