SUARA INDONESIA

Peringati Haul ke-51, Wali Kota Blitar Santoso Ajak Warga Teladani Perjuangan Bung Karno

Ari - 20 June 2021 | 23:06
Pemerintahan Peringati Haul ke-51, Wali Kota Blitar Santoso Ajak Warga Teladani Perjuangan Bung Karno

Blitar - Pemerintah Kota Blitar menggelar doa dan salawat memperingati Haul ke-51 Presiden Pertama RI, Ir Soekarno atau Bung Karno. Kegiatan itu, berlangsung Balai Kusumo Wicitro Kompleks Rumah Dinas Wali Kota Blitar, Jl Sudanco Supriyadi, Minggu (20/6/2021) malam.

Berhubung masih berada di tengah peredaran virus corona, prosesi Haul Bung Karno dilaksanakan secara terbatas dan virtual. Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Blitar, Kepala OPD serta tokoh masyarakat nampak hadir dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Wali Kota Blitar Santoso mengajak seluruh masyarakat terutama di wilayah setempat agar meneladani perjuangan Bung Karno sekaligus dijadikan referensi untuk diimplementasikan di kehidupan sehari-hari. 

"Melalui momentum Haul ini, kita menunjukkan hati, berdoa dan bersimpuh kepada Allah agar arwah Bung Karno diterima di sisi-Nya karena perjuangan dan pengorbanannya untuk Indonesia," kata Santoso, Wali Kota Blitar. 

Menurut Wali Kota Santoso, peringatan Haul Bung Karno sangat penting bagi semua kalangan lantaran selain memahami tentang jejak sejarah juga bisa dijadikan gambaran hidup. Mengingat, gebrakan yang dilakukan beliau untuk bangsa sangat luar biasa maka perlu dicontoh. 

"Ada beberapa gagasan Bung Karno yang masih mencuat sampai saat ini yakni terkait gagasan Bung Karno yang telah melahirkan pancasila, Tri Sakti, dan jejak perjuangannya melawan kolonialisme," imbuhnya. 

Terakhir, Wali Kota Santoso berharap, adanya peringatan Haul Bung Karno ini dapat memberikan semangat dan warna baru khususnya bagi masyarakat Kota Blitar untuk menjadi yang lebih baik. 

Sebagai informasi, rangkaian prosesi Haul Bung Karno pada Minggu (20/06) pertama kali diawali dengan acara khatam Alquran di Makam Bung Karno, doa lintas agama di pusara Bung Karno, pembacaan tahlil dan yasin di Istana Gebang dan ditutup dengan acara doa dan salawat di Balai Kusumo Wicitro. ADV/HMS 

Pewarta : Ari
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya