SUARA INDONESIA

Lolos Peringkat Terbaik 3, Moh. Nalikan dan Aris Wibawa Bersaing Ketat Rebut Kursi Sekda Lamongan

M Nur Ali Zulfikar - 28 July 2021 | 05:07 - Dibaca 2.96k kali
Pemerintahan Lolos Peringkat Terbaik 3, Moh. Nalikan dan Aris Wibawa Bersaing Ketat Rebut Kursi Sekda Lamongan
Sebelah kiri, Aris Wibawa, kanan Moh. Nalikan (foto: istimewa)

LAMONGAN - Setelah melalui beberapa proses tahapan seleksi. Panitia seleksi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lamongan akhirnya memutuskan 3 calon terbaik yang berhasil lolos ke tahap selanjutnya.

Tiga nama tersebut, adalah Moh. Nalikan (Asisten Tata Praja dan Plt. Kepala Dinas Pendidikan), Aris Wibawa (Sekretaris DPRD), serta Fida Nuraida (Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak).

Sedangkan dua kandidat lainnya, Anang Taufik (Kepala Dinas Lingkungan Hidup) dan Moh. Fahrudin Ali Fikri (Kepala Dinas Ketahanan Pangan), gagal lolos tahap selanjutnya. Pengumuman tiga besar berlangsung kemarin, Selasa (27/7/2021).

Dari tiga nama yang berhasil maju ke tahap selanjutnya. Ada dua nama yang mumpuni dan layak menjadi Sekda Lamongan. Hal itu berdasarkan pengalamannya memimpin birokrasi dan pergaulannya dengan elemen lain.

Dua nama tersebut, adalah Moh. Nalikan dan Aris Wibawa. Ke duanya sama-sama memiliki rekam jejak yang mentereng di birokrasi. Terbukti, keduanya beberapa kali berhasil menempati posisi strategis di Pemkab Lamongan.

Moh. Nalikan pernah menjabat sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Kepala Dinas Ketahanan Pangan. Bahkan saat ini mengemban dua amanah sekaligus, yaitu Asisten Tata Praja dan Plt. Kepala Dinas Pendidikan.

Sementara, Aris Wibawa, sebagai pesaingnya, juga mempunyai riwayat jabatan yang mentereng, di antaranya, Kepala Bagian Humas dan Protokoler, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Asisten Administrasi Umum dan kini masih aktif sebagai Sekretaris DPRD Lamongan.

Ketika menjadi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Asisten Administrasi Umum, Aris Wibawa dikenal memiliki hubungan yang sangat dekat dengan, Bupati Yuhronur Efendi, yang saat itu masih aktif sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Lamongan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lamongan, Bambang Hadjar menegaskan, tugas Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekda Lamongan, yang dipimpin Heru Tjahjono sudah selesai, pasca penyerahan tiga nama terbaik ke Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi.

"Keputusan selanjutnya, menjadi hak mutlak pak Bupati Lamongan, untuk menentukan dan menetapkan siapa yang akan dipilih untuk mendampinginya menjalankan tata kelola birokrasi Pemkab Lamongan ke depan. Rencananya calon terpilih akan dilantik bulan depan," tegas mantan Kepala Satpol PP Lamongan ini, Rabu (28/7/2021).

Berdasarkan, jadwal tahapan. Setelah ini Bupati Lamongan, akan mengajukan nama yang dipilih menjadi Sekda kepada Gubernur Jawa Timur, dan selanjutnya meminta rekomendasi ke Komite Aparatur Sipil Negara (KASN), serta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk penetapan dan pelantikan calon terpilih pada bulan Agustus 2021.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M Nur Ali Zulfikar
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024