SUARA INDONESIA

HUT RI ke-76, Warga di Purworejo Gelar Upacara Pengibaran Bendera di Benteng Pendem

Widiarto - 17 August 2021 | 11:08
Pemerintahan HUT RI ke-76, Warga di Purworejo Gelar Upacara Pengibaran Bendera di Benteng Pendem

PURWOREJO - Masa PPKM tak menyurutkan semangat warga Desa Tlogokotes, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, untuk memperingati HUT RI ke-76.

Warga mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih di lokasi wisata Benteng Pendem Gunung Buthak Desa Tlogokotes, pada Selasa (17/8/2021).

Warga berbondong-bondong berjalan kaki menuju lokasi Benteng Pendem yang berada di lereng bukit Gunung Buthak sebelah barat, yang memiliki jarak tempuh ratusan meter dari lokasi perkampungan. Dengan berpakaian seadanya, warga antusias mengikuti upacara bendera itu. Karena masih dalam masa pandemi, upacara pengibaran bendera merah putih dilaksanakan secara protokol kesehatan.

"Upacara ini dilaksanakan oleh Pemdes Tlogokotes bersama Pokdarwis Argojoyo dan warga, selain untuk mengisi rangkaian kegiatan HUT RI ke-76, upacara di lokasi Benteng Pendem ini sekaligus sebagai bentuk pengenalan wisata baru, dengan harapan bisa menggali dan mengenalkan aset sejarah berupa peninggalan penjajahan Jepang yang ada di desa ini," ungkap Sekretaris Desa Tlogokotes, Agus Haryono, saat ditemui usai upacara.

Tak hanya melaksanakan upacara bendera, warga Desa Tlogokotes juga telah menggelar serangkaian kegiatan lain, berupa doa bersama (malam tirakatan) di lokasi masing-masing RT pada malam hari dilanjutkan pemukulan kentongan serentak atau yang dikenal dengan tradisi Gobyok oleh seluruh warga dari rumah masing-masing, pada Selasa (17/8/2021) pagi dan upacara pengibaran bendera yang dipusatkan di lokasi wisata Benteng Pendem dan diakhiri dengan pelepasan burung merpati serta ramah tamah warga.

"Dengan pengenalan aset sejarah ini diharapkan bisa membuka peluang pemasaran atau kepopuleran wisata yang ada di Desa Tlogokotes. Kami juga berharap dunia luar bisa terbuka dan mau belajar tentang sejarah Benteng Pendem ini," harapnya.

Warga Desa Tlogokotes, Sari Hastuti, mengaku senang bisa mengikuti kegiatan upacara pengibaran bendera Merah Putih dilokasi Benteng Pendem.

"Sangat berkesan sekali, tahun lalu aaya tidak ikut dan baru pertama kali ini bisa ikut kegiatan ini," katanya.

Kegiatan itu, lanjutnya, bisa menjadikan pengobat rindu bagi warga setelah cukup sekian lama warga tidak melaksanakan kegiatan dialam terbuka karena terkendala pandemi covid-19. 

"Kegiatan ini membuat semangat atau spirit  perjuangan bagi warga. Perjuangan ini belum seberapa dibandingkan perjuangan pendahulu kita dimasa sebelum kemerdekaan. Oleh karena itu ini bisa menjadi motivasi warga untuk lebih semangat lagi utamanya dalam berjuang melawan pandemi covid-19," ujarnya.

Diakui, warga berani mengikuti kegiatan terbuka lantaran Desa Tlogokotes telah dianggap aman dab saat ini sudah tidak ada lagi kasus covid-19.

"Sudah lama tidak bisa kumpul, ada kerinduan apalagi Desa Tlogokotes saat ini telah dianggap aman dan tidak ada lagi kasus covid-19 oleh karena itu kami berani ikut dalam kegiatan upacara ini," pungkasnya.


 

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV