SUARA INDONESIA

Kado Hari Jadi Kota Probolinggo ke-662, Pemkot Luncurkan 4 Aplikasi Layanan Publik Digital

Lutfi Hidayat - 05 September 2021 | 08:09 - Dibaca 1.82k kali
Pemerintahan Kado Hari Jadi Kota Probolinggo ke-662, Pemkot Luncurkan 4 Aplikasi Layanan Publik Digital
Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin menyerahkan piala kepada para pemenang lomba dalam rangka perayaan Hari Jadi Kota Probolinggo ke-662. Insert: Habib Hadi luncurkan salah satu aplikasi layanan publik. (Foto: Diskominfo)

PROBOLINGGO - Perayaan Hari Jadi Kota Probolinggo ke-662 di masa pandemi Covid-19 digelar sederhana secara virtual.

Sejumlah agenda menarik meliputi pagelaran seni, budaya, lomba kreatifitas dan edukasi tetap dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Pada puncak malam Perayaan Hari Jadi Kota Probolinggo ke-662 yang dilaksanakan di Puri Manggala Bhakti Pemkot Probolinggo, Sabtu (04/09/2021) malam sejumlah inovasi pelayanan publik berbasis digital diluncurkan.

Yakni, pertama Probolinggo Smart Digital Melayani Masyarakat (Portal Emas) sebuah aplikasi layanan administrasi publik terpadu tingkat kelurahan, kecamatan dan dinas secara realtime berbasis online.

Keungulan aplikasi ini memudahkan layanan publik dengan menekan ketidakjelasan prosedur, calo hingga pungli.

Sedikitnya 32 jenis layanan telah dibakukan yang ditandatangani secara elektronik (TTE) sesuai standar Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

"Jadi aplikasi ini menjawab tantangan pelayanan publik seperti keterbatasan sarana prasarana, perilaku petugas yang berbelit-belit, ketidakpastian penyelesaian, ketidakjelasan prosedur. Nanti sebanyak 1.228 ketua RT dan RW akan mendapat paket data 8 GB setiap bulan. Jadi tidak hanya aplikasinya yang kami siapkan, paket datanya pun disediakan," terang Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin.

Kedua, Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk mencetak dokumen kependudukan secara otomatis, dengan memindai QR Code atau memasukkan PIN yang didapat melalui aplikasi Go Online, SMS atau email Dukcapil Kota Probolinggo.

"Mesin ADM ini menyediakan layanan lebih luas kepada masyarakat dengan pilihan berbagai layanan Dukcapil baik offline maupun online," papar Wali Kota yang juga mantan anggota DPR RI ini.

Berikutnya Pemkot Probolinggo meluncurkan apikasi Sistem Informasi Ijazah Online (SI IJOL) yang mengendalikan proses penerbitan ijazah mulai dari pendataan, penulisan, pengarsipan hingga pendistribusian.

Seluruh rangkaian proses itu dapat dipantau langsung oleh masyarakat secara online untuk mencegah terjadinya penyelewengan dan pelanggaran dokumen ijazah.

Layanan yang ditawarkan adalah pelaporan kehilangan/kerusakan ijazah, perubahan data dan keabsahan ijazah. 

"Jika sebelumnya harus datang beberapa kali ke sekolah dan dinas, kini cukup mengajukan layanan secara online. Ke sekolah cukup datang sekali untuk mengambil dokumen asli," jelas Habib Hadi.

Bidang kesehatan juga meluncurkan aplikasi Skrining Jantung RSUD dr. Moh. Saleh untuk memberikan layanan kegawatan Jantung.

Layanan tersebut mudah diakses dengan akurasi diagnosis yang tepat dan cermat, layanan ini memudahkan masyarakat dalam berkonsultasi dengan tenaga kesehatan tentang gejala yang dialami terkait jantung.

Menutup paparannya, Habib Hadi menyampaikan peluncuran aplikasi layanan publik merupakan upaya nyata pemerintah (Kota Probolinggo) dalam melayani masyarakat. 

"Saya menyadari dalam pelaksanaannya keempat progam ini masih memiliki sejumlah kekurangan. Untuk itu saya mengharapkan masyarakat dapat turut aktif untuk memberikan saran dan masukan yang dapat menjadi bahan evaluasi kami ke depan," tutup Wali Kota yang rajin turun lapangan ini. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024