SUARA INDONESIA

Pemkab Jember Lepas 40 Kera dan Ular Piton di Nusa Barong

Wilda Natasya - 07 October 2021 | 15:10
Pemerintahan Pemkab Jember Lepas 40 Kera dan Ular Piton di Nusa Barong

JEMBER- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Timur, melepas 40 Kera ekor panjang dan 4 Ular Piton di Pulau Nusa Barong, Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas, Kamis (7/10/2021).

Kepala Bidang BKSDA Wilayah 3 Jember Wiwied Widodo mengatakan, hewan liar yang dilepas merupakan hasil rampasan dan penyerahan dari masyarakat. Pihaknya juga telah melakukan observasi selama dua tahun, hingga akhirnya melepas Monyet ekor panjang dan Piton ke habitat masing-masing.

“Kita sudah lakukan observasi dalam kurun waktu dua tahun, sampai akhirnya dilepas di habitatnya. Ada yang di hutan dan pegunungan,” jelasnya.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga ekosistem yang ada di alam sekitar, serta dalam rangka memperingati hari Satwa Internasional, yang jatuh pada 4 Oktober kemarin. 

Sementara itu, Bupati jember Hendy Siswanto menjelaskan, agenda yang dilakukan kali ini merupakan bentuk sinergi dari Pemkab Jember dan BKSDA Jatim, serta Jakarta Animal Network dalam upaya menjaga ekosistem yang ada disekitar.

“Alhamdulillah, ini adalah bentuk sinergi kami dengan BKSDA Provinsi dan Jakarta Animal Network. Selain itu kita harus bisa menghargai habitat para hewan itu,” ungkapnya.

Pemerintah berharap semua pihak dapat saling bekerjasama untuk melestarikan pulau Nosa Barong dan mengembangkan sektor wisata, baik alam maupun edukasi di Kabupaten Jember.

“Masyarakat bisa selalu menjaga ekosistem yang ada di sekitar dan bekerjasama untuk wisata alan serta edukasi,” pungkasnya.

Pewarta : Wilda Natasya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV