SUARA INDONESIA

Pelayanan Publik di Banyuwangi Dapat Pujian Wapres Ma'ruf Amin: Jadi Inspirasi di Indonesia

Muhammad Nurul Yaqin - 21 October 2021 | 17:10
Pemerintahan Pelayanan Publik di Banyuwangi Dapat Pujian Wapres Ma'ruf Amin: Jadi Inspirasi di Indonesia

BANYUWANGI- Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin melakukan kunjungan ke Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (21/10/2021).

Sejumlah tempat dikunjungi Wapres Ma'ruf. Salah satunya Mall Pelayanan Publik di Banyuwangi.

Saat kunjungan, Kiai Ma'ruf didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, serta jajaran pejabat lainnya.

Dalam kunjungannya, Kiai Ma'ruf menyebut pelayanan publik di Banyuwangi, Jawa Timur, telah menginspirasi berbagai daerah di Indonesia.

Karena masyarakat di Banyuwangi sangat mudah dalam mengurus administrasi. Berbagai kendala dapat ditangani dengan baik.

Kemudahan akses pelayanan publik di Banyuwangi ini pun mendapat pujian dari Kiai Ma'ruf. Ratusan daerah bahkan menerapkan konsep yang sama seperti di Banyuwangi.

"Konsep Mall Pelayanan Publik ini digagas oleh Banyuwangi. Saat ini di Indonesia sudah ada 145 daerah yang menerapkan konsep tersebut. Di Jawa Timur ada 14 kabupaten," beber Kiai Ma'ruf usai peninjauan.

Kiai Ma'ruf mengatakan, konsep Mall Pelayanan Publik adalah cara yang ampuh untuk dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kemudian, menjadi bagian dari reformasi birokrasi.

"Agar supaya tidak berbelit, lebih efisien, cepat dan murah. Lebih jauh adanya kemudahan layanan ini juga dapat mencegah terjadinya pungutan liar," katanya.

Selain itu, Kiai Ma'ruf juga memuji upaya Banyuwangi dalam memberdayakan masyarakat. Semuanya mendapatkan pelayanan yang sama, baik kepada difabel hingga pemberdayaan bagi mantan pekerja migran.

"Setelah pekerja migran ini bekerja di luar negeri, mereka diberikan pelatihan membuat usaha. Jadi mereka sudah tidak lagi berpikiran untuk menjadi pekerja migran. Karena sudah merasa punya masa depan di kampung sendiri," ungkapnya. (*)

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV