SUARA INDONESIA

Jaga Keselamatan Pengunjung Pantai, Warga Bentuk Tim SAR Dewaruci

Widiarto - 22 October 2021 | 15:10
Pemerintahan Jaga Keselamatan Pengunjung Pantai, Warga Bentuk Tim SAR Dewaruci

PURWOREJO - Sejumlah warga di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah, bersama sejumlah warga yang ahli dibidang pertolongan kebencanaan di Purworejo, membentuk Tim Search and Rescue (SAR) mandiri bernama SAR Dewaruci.

SAR Dewaruci dibentuk dengan tugas fungsi membantu upaya melakukan pencegahan kecelakaan laut, pengawasan dan pertolongan terhadap keselamatan pengunjung di obyek wisata pantai Dewaruci Desa Jatimalang.

Tak hanya di lokasi wisata pantai Dewaruci, SAR Dewaruci juga berkomitmen akan membantu melaksanakan tugas keselamatan dan pertolongan di sepanjang pesisir pantai selatan Purworejo, mengingat baru satu-satunya Tim SAR mandiri itu terbentuk di Purworejo.

"SAR Dewaruci ini sebenarnya sudah terbentuk sejak sekitar kurang lebih setahun lalu, dan telah melaksanakan aktifitasnya secara rutin dan terjadwal di lokasi obyek wisata pantai Dewaruci ini, namun memang sampai sekarang belum dilakukan pengukuhan, pengurus sudah terbentuk lengkap mungkin tinggal menunggu kesiapan dalam waktu dekat ini," ungkap ketua lapangan SAR Dewaruci, Supriyanto, saat ditemui dilokasi pantai Desa Jatimalang, pada Jumat (22/10/2021).

Disebutkan, ada sekitar 40an anggota dan pengurus yang telah resmi tergabung dalam SAR Dewaruci itu, mereka telah secara rutin melakukan penjagaan dan pengawasan terhadap warga yang datang atau berkunjung di lokasi obyek wisata pantai Dewaruci.

"Meskipun secara resmi obyek wisata ini belum dibuka lantaran masih dalam masa pandemi, kita tetap melaksanakan tugas secara rutin dan terjadwal, yaitu membantu meminimalisir terjadinya bencana dengan cara melakukan pemantauan atau minimal mengingatkan wisatawan yang nekat mandi dilaut untuk supaya mereka tidak melanggar dari batas yang ditentukan, karena beberapa warga ada yang datang dipantai ini, apalagi pada hari Sabtu dan Minggu," jelasnya.

Guna membantu tugas pengawasan, telah terbangun pos pantau dilokasi wisata, namun dalam pelaksanaan tugas Tim SAR Dewaruci belum memiliki peralatan SAR yang memadahi, seperti pelampung, tali, kantong jenazah, ring, alat komunikasi dan perlengkapan sar lainya.

"Saat itu kami bersama SAR Lintas Purworejo mendirikan pos pantau di lokasi wisata ini, muncul inisiatif dari beberapa teman dan terbentuklah Tim SAR Dewaruci ini," katanya.

Karena keberadaanya ada di lokasi wisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, SAR Dewaruci bertugas dengan menginduk kepada dinas namun tetap berpedoman secara tugas kebencanaan kepada Basarnas.

"Selain kami telah berjaga secara terjadwal dengan bergantian dua orang setiap harinya, dalam waktu dekat ini untuk meningkatkan kemampuan dan skill serta pengetahuan tentang kebencanaan, kami akan menggelar pelatihan SAR dengan mengajak kerjasama Basarnas," ujarnya.

Pihaknya berharap ada perhatian dari pemerintah untuk memberikan perlengkapan sarana prasana SAR bagi SAR Dewaruci agar dalam menjalan tugas bisa secara baik.

"Harapanya tidak terjadi musibah atau kecelakaan laut, kami berharap pandemi juga bisa segera hilang dan obyek wisata pantai ini bisa kembali rame, dengan adanya Tim SAR Dewaruci ini bisa membantu meminimalisir terjadinya kecelakaan laut bagi pengunjung atau warga yang datang di pantai ini," pungkasnya.
 

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV