SUARA INDONESIA

Hari Bhakti Nelayan, Komisi IV DPR RI Beri Paket Sembako kepada Nelayan Purworejo

Widiarto - 26 October 2021 | 20:10
Pemerintahan Hari Bhakti Nelayan, Komisi IV DPR RI Beri Paket Sembako kepada Nelayan Purworejo

PURWOREJO - Nelayan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Desa Kertojayan, Kecamatan Grabag, Purworejo, Jawa Tengah, mendapatkan bantuan paket sembako dari anggota Komisi IV DPR RI, Ir Panggah Sutanto, di TPI Kertojayan, pada Selasa (26/10/2021).

Pemberian bantuan itu dilakukan dalam dalam rangka Hari Bhakti Nelayan tahun 2021, Komisi IV DPR RI bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti yang hadir dalam pemberian bantuan itu mengungkapkan terimakasih atas pemberian bantuan paket sembako kepada nelayan Kertojayan.

“Sedikit banyak bantuan ini sangat berarti bagi para nelayan, terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga usai,” ungkapnya.

Dikatakan Wabup, Kabupaten Puworejo memiliki wilayah pantai sepanjang 22 km, yang membentang dari perbatasan dengan Kabupaten Kulonprogo hingga perbatasan Kebumen. Sebagian masyarakat di daerah pesisir banyak menggantungkan hidup dari hasil laut, baik sebagai nelayan, petambak udang, perajin garam maupun pelaku pariwisata.

"Dengan adanya pandemi Covid-19, secara langsung maupun tidak langsung sangat berpengaruh terhadap kehidupan para nelayan. Hasil tangkapan mungkin tidak terpengaruh pandemi namun lebih dipengaruhi faktor alam. Namun rendahnya daya beli masyarakat akibat pandemi, membuat hasil tangkapan nelayan tidak dapat terjual secara optimal," ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, Pemerintah tidak tinggal diam dan terus berusaha memberikan bantuan bagi warga masyarakat yang terdampak pandemi. Demikian juga berbagai pihak yang peduli, tak pernah lelah untuk memberikan bantuan, termasuk adanya bantuan paket sembako ini, yang diharapkan dapat sedikit meringankan beban para nelayan.

"Semoga bantuan ini dapat membantu panjenengan semua, walaupun tidak cukup paling tidak bisa mengurangi beban dan menambah semangat dalam mencari nafkah untuk keluarga," pesan nya.

Sementara, Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Cilacap Imas Masriah SPi
mengatakan, seluruh aspek dari SDM kelautan dan perikanan terus merumuskan langkah-langkah kebijakan ke depan.

“Kami yakin bahwa bekerja bersama dalam satu sinergi yang harmonis adalah prasyarat mutlak jika ingin sektor kelautan dan perikanan yang kita cintai ini melaju pesat," tegasnya.

Dikatakan, Kementerian KKP ingin sektor kelautan dan perikanan semakin maju dan memastikan bahwa pemerintah hadir untuk memberikan solusi atas permasalahan yang ada. Sehingga menjadi jalan tengah antara menjaga keberlanjutan sumber daya dan memaksimalkan manfaat agar masyarakat yang bergantung pada sumber daya tersebut dapat terus maju dan sejahtera.

"Sekali lagi saya ingin sampaikan bahwa Pemerintah adalah regulator yang mengatur bapak/ibu sekalian yang menjadi operator, yang menggantungkan hidupnya dari sumber daya laut kita. Saya mengajak kepada seluruh stakeholder untuk kita bergotong royong sesuai tugas kita untuk menYejahterakan nelayan kita," ungkapnya.

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV