SUARA INDONESIA

Salurkan Bantuan, Bupati Rini Ingatkan Warga Tetap Waspada Terhadap Dampak Cuaca Ekstrem

Ari - 27 October 2021 | 10:10
Pemerintahan Salurkan Bantuan, Bupati Rini Ingatkan Warga Tetap Waspada Terhadap Dampak Cuaca Ekstrem

Blitar - Bupati Blitar Rini Syarifah secara langsung menyalurkan bantuan sembako bagi masyarakat yang terkena bencana alam di Kantor Desa Sumbersari Nglegok, Rabu (27/10). Berhubung masih pandemi, kegiatan dilaksanakan secara terbatas dengqn tetap mengedepankan protokol kesehatan. 

"Hari ini saya bertolak ke sisi bagian utara Kabupaten Blitar untuk memberikan semangat dan bantuan paket sembako. Karena, di Desa Sumbersari ada 15 KK yang terdampak musibah bencana alam yakni putting beliung," kata Rini kepada Suara Indonesia. 

Pada kesempatan itu, setiap warga yang menerima bantuan diberikan nominal sebesar Rp 600.000 namun diwujudkan paket sembako seperti beras, telur ayam, mie instan dan makanan tambahan bayi. 

Lebih dalam, Mak Rini menyampaikan, memasuki akhir tahun 2021 masyarakat harus lebih berhati-hati dalam menyikapi dampak negatif yang ditimbulkan oleh cuaca ekstrem. Mengingat sebagian wilayah Kabupaten Blitar berpotensi terdampak bencana alam maka perlu diperhatikan bersama agar semua aman. 

"Saat ini kita berada di musim pancaroba, biasanya di masa peralihan antara kemarau dengan penghujan banyak terjadi hujan deras yang dibarengi putting beliung jadi masyarakat diwanti-wanti terus siaga waspada terkait fenomena itu," imbuhnya. 

Selain itu, Mak Rini juga meminta kepada petugas wilayah supaya melakukan koordinasi secara intens dengan warganya mengenai dampak cuaca ekstrem. Jika seluruh lapisan bisa mematuhi peraturan pemerintah maka risiko yang ditimbulkan bencana alam akan berkurang. 

"Saya meminta jajaran Muspika setiap wilayah, baik itu Pak Camat, Kapolsek, Danramil dan lain sebagainya supaya mulai dari sekarang terjun ke bawah untuk menyampaikan informasi ini kepada warga masyarakat. Lantaran musibah bisa saja terjadi setiap saat maka harus siaga," jelasnya. ADV/KMF 

Pewarta : Ari
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV