SUARA INDONESIA

Berusia 73 Tahun, DPRD Purworejo Diminta Kerja Secara Proporsional

Widiarto - 27 October 2021 | 15:10
Pemerintahan Berusia 73 Tahun, DPRD Purworejo Diminta Kerja Secara Proporsional

PURWOREJO - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Hari Jadi Ke-73 DPRD Kabupaten Purworejo, di ruang Rapat Paripurna DPRD, pada Rabu (27/10/2021).

Rapat Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Ardani itu dihadiri Bupati Purworejo, Wakil Bupati, jajaran Forkopimda, Pimpinan dan Anggota DPRD, serta para Kepala Perangkat Daerah yang mengikuti secara virtual.

Dalam kesempatan itu juga dibacakan sejarah DPRD Kabupaten Purworejo oleh Pram Prasetya Ahmad.

Dalam sambutannya, Bupati Purworejo Agus Bastian mengucapkan selamat kepada keluarga besar DPRD Kabupaten Purworejo merayakan Hari Jadi Ke-73.

Perjalanan historis selama 73 tahun telah menempa sekaligus membuktikan ketangguhan DPRD Kabupaten Purworejo sebagai manifestasi lembaga perwakilan rakyat.

"Semoga dengan bertambahnya usia, DPRD Kabupaten Purworejo akan semakin eksis dan kokoh memainkan perannya sebagai wakil rakyat, serta tak pernah lelah dalam memperjuangkan aspirasi dan kepentingan rakyat," harapnya.

Menurut Bupati, DPRD memiliki kedudukan dan tanggungjawab yang setara dengan Kepala Daerah untuk mencapai tujuan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Hubungan itu secara taktis operasional bermakna bahwa DPRD adalah mitra kerja Kepala Daerah dalam membuat kebijakan  daerah sesuai kewenangan, tugas dan fungsi masing-masing.

"Untuk itu, DPRD dan Kepala Daerah wajib memelihara dan membangun hubungan kerja yang harmonis dan saling mendukung dalam menjalankan tugas dan kewajiban dalam praktik berpemerintahan," katanya.

Sebagai institusi yang fungsi dan wewenangnya senantiasa berdampingan dengan lembaga eksekutif, pihaknya menaruh harapan besar bahwa DPRD Kabupaten Purworejo senantiasa melaksanakan tugas dan fungsinya secara proporsional, dan akan mampu tampil sebagai penyeimbang dan sekaligus sebagai penyemangat kinerja eksekutif di jajaran Pemerintah Kabupaten Purworejo.

“Dalam semangat kemitraan yang produktif, kita semua tentu berharap Legislatif dan Eksekutif akan bisa bergerak seiring seirama dalam suatu dinamika konstruktif, yang bermuara pada terciptanya kemajuan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Kabupaten Purworejo. Dengan demikian berbagai persoalan dan kekurangan dapat segera diatasi, sedangkan berbagai keberhasilan yang telah dicapai dapat dipertahankan dan ditingkatkan,” ungkapnya.

Di akhir acara, dilakukan pemotongan tumpeng oleh Kelik Susilo Ardani yang diberikan kepada anggota Dewan termuda yakni Berliando Luthfi Zulfikar (24) dari Partai Amanat Nasional (PAN). Selain itu juga dilakukan peresmian aplikasi Serasi milik DPRD, serta pemberian bantuan sosial untuk anak yatim piatu.

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV