SUARA INDONESIA

Perdayakan Kaum Perempuan, Warga di Purworejo Bentuk Laskar Srikandi Bagelen

Widiarto - 31 October 2021 | 18:10
Pemerintahan Perdayakan Kaum Perempuan, Warga di Purworejo Bentuk Laskar Srikandi Bagelen

PURWOREJO - Sejumlah perempuan di wilayah Kecamatan Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah, mendeklarasikan diri sebuah organisasi baru yang bergerak di bidang sosial dengan menamakan diri sebagai Laskar Srikandi Bagelen.

Deklarasi dilakukan di sekretariat rumah aspirasi Puan Bagelen, di Desa Bagelen, pada Minggu (31/10/2021).

Organisasi sosial kemasyarakatan itu didirikan untuk mewadahi kegiatan serta aktifitas perempuan di wilayah Bagelen.

Hadir dalam deklarasi itu pengurus organisasi rumah aspirasi Puan Purworejo, pengurus Trah Bagelen, dan sejumlah tokoh masyarakat Bagelen.

"Dengan melihat kondisi tanah leluhur Bagelen sampai saat ini di banding dengan wilayah lain dirasa masih jauh dari harapan seperti tercapainya kejayaan dan kemahsyuran Bagelen di masa lampau. Dengan kepedulian dan rasa tanggung jawab moral kami para perempuan Bagelen merasa terpanggil untuk menyatukan diri dalam suatu wadah organisasi agar kami perempuan Bagelen bisa berpartisipasi, berkiprah dan berperan aktif di dalam membangun kemajuan  tanah leluhur Bagelen," ujar ketua Laskar Srikandi Bagelen, Bagelen Istamsaka Bismillah, saat ditemui usai deklarasi.

Dengan membentuk Laskar Srikandi Bagelen, lanjutnya, para perempuan Bagelen bisa ikut berjuang, memperdayakan dan berkontribusi bagi kesejahteraan kaum perempuan di Bagelen.

"Tentunya hal ini bisa terwujud jika ada kesatuan dalam satu kata, satu sikap dan satu perbuatan dengan dilandasi oleh rasa semangat persaudaraan yang tulus dan ikhlas, dimana para perempuani Bagelen yang peduli terhadap tanah leluhur Bagelen, bersatu dalam satu wadah organisasi saling bahu membahu untuk membangun Bagelen yang maju, berbudaya dan bermartabat," jelasnya.

Dinamai Laskar Srikandi Bagelen, tambahnya, organisasi itu dibentuk sebagai wadah untuk kegiatan para perempuan, dimana pengurus dan anggota semuanya merupakan para perempuan yang tinggal di wilayah Bagelen.

Adapun visi yang dibawa oleh Laskar Srikandi Bagelen yaitu untuk mewujudkan kesetaraan gender perempuan Bagelen dan mempunyai hak peran terhadap tata kelola sumber daya alam, sosial, budaya, ekonomi dan politik secara adil demi terwujudnya perempuan Bagelen yang maju, berbudaya dan bermartabat.

"Kegiatanya murni dibidang sosial dan pemberdayaan perempuan, dengan harapan Laskar Srikandi Bagelen ini bisa memperdayakan para perempuan di Bagelen untuk menjadikan para perempuan di Bagelen yang tangguh, mandiri dan mampu mengemukan pendapatnya seeta terpanggil untuk ikut serta membantu sesama untuk kesejahteraan para perempuan di Bagelen," terangnya.

Penasehat rumah aspirasi Puan Purworejo, Bambang Yosodipuro, menyampaikan apresiasi atas deklarasi yang dilakukan oleh Laskar Srikandi Bagelen.

"Laskar Srikandi Bagelen ini merupakan sayap dari rumah aspirasi Puan, yaitu tonggak organisasi yang bergerak dibidang sosial non politik dan membantu kesulitan masyatakat akibat dampak pandemi covid-19," katanya.

Organisasi itu diharapkan bisa diapresiasi oleh para perempuan di wilayah kecamatan lain, sehingga mereka bisa membentuk laskar yang sama di masing-masing kecamatan di wilayah Kabupaten Purworejo.

"Organisasi ini tidak terafiliasi dengan kepentingan politik manapun, tidak memihak salah satu partai dan murni bergerak dibidang sosial kemasyarakatan. Harapan kami kedepan bisa diapresiasi oleh masyarakat sehingga bisa diikuti oleh daerah lain untul membentuk organisasi yang sama, baik di masing-masing Kecamatan maupun di luar daerah diberbagai propinsi dan kabupaten lain di Indonesia," pungkasnya.












 

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV