SUARA INDONESIA

Jaga Marwah Jurnalis, Kepengurusan Pewarta Purworejo 2021-2023 Dikukuhkan

Widiarto - 05 November 2021 | 19:11
Pemerintahan Jaga Marwah Jurnalis, Kepengurusan Pewarta Purworejo 2021-2023 Dikukuhkan

PURWOREJO - Kepengurusan Pewarta Purworejo, Jawa Tengah, periode 2021-2023 telah terbentuk tak lama setelah beberapa waktu lalu dilakukan pemilihan Ketua Pewarta. Pengurus di bawah kepemimpinan Jarot Sarwosambodho tersebut dikukuhkan pada Jumat (5/11/2021) di Sulthan Caffe and Eatery, Purworejo.

Dengan kepengurusan yang baru ini Pewarta dituntut untuk dapat menjaga marwah jurnalis yang independen dan bertanggung jawab.

Hadir dalam pengukuhan tersebut, Ketua DPRD Purworejo, Dion Agasi Setiabudi, Kabag Humas dan Protokol Setda, Rita Purnama, Ketua KPU, Dulrokhim, Ketua Bawaslu, Nurkholik dan para tamu undangan lainnya.

"Hari ini adalah momentum luar biasa bagi Pewarta Purworejo, karena kegiatan pengukuhan ini merupakan bagian dari selesainya agenda rutin reorganisasi kepengurusan. Agenda ini memiliki peran penting yakni menjaga roda organisasi tetap berjalan dengan baik," ungkap Ketua Pewarta, Jarot Sarwosambodho.

Perlu diketahui, lanjut Jarot, bahwa pers merupakan salah satu pilar demokrasi. Dalam Pasal 3 UU 40 tahun 1999 tentang Pers, disebutkan bahwa pers nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.

"Maka dengan demikian, kami memiliki peran sentral dalam menyiarkan berbagai pemberitaan, menyampaikan hasil-hasil pembangunan, menyuarakan kritik yang sifatnya membangun, serta menjadi katalis dari persebaran berita hoax dan informasi menyesatkan," katanya.

Maka, ungkap Jarot, peran jurnalis yang terwadahi dalam organisasi Pewarta Purworejo menjadi penting. Terutama dalam lalu lintas informasi di Kabupaten Purworejo.

"Untuk itu, saya berharap marwah jurnalis yang independen dan bertanggung jawab dapat terus kita jaga," tegasnya.

Lebih lanjut, dikatakan Jarot, Pewarta harus bisa menjadi mitra bagi pihak mana pun, termasuk pemerintah kabupaten Purworejo. Mitra yang selalu siap menyuarakan berita positif dan hasil-hasil pembangunan.

"Tapi juga selalu siap mengingatkan dengan santun dan membangun apabila ada sesuatu hal yang memang perlu diingatkan," terangnya.

Jarot berharap, dalam periode kepengurusan 2021-2023 ini, akan terselenggara berbagai kegiatan positif konstruktif, seperti halnya dilaksanakan pada periode-periode sebelumnya.

"Sekali lagi, selamat bekerja demi terus menjaga nama baik Pewarta Purworejo, dan memberi warna positif bagi pembangunan di Kabupaten Purworejo," tandasnya.

Sementara itu, Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Dion Agasi Setiabudi mengisahkan salah satu tokoh jurnalis inspiratif yakni Tirto Adi Suryo. Bagi Dion, sosok Tirto merupakan teladan bagi seluruh pejuang pena di Indonesia.

"Bagaimana beliau menandai awal perjuangan kemerdekaan di jaman penjajahan mendirikan sebuah media yang dapat diakses seluruh lapisan masyarakat," katanya.

Oleh karena itu, lanjut Dion, dari kisah yang ada pada sosok Tirto tersebut diharapkan bisa menjadi teladan bagi para jurnalis di Purworejo. Para jurnalis memiliki tugas yang cukup berat, selain sebagai pembawa informasi, jurnalis juga diharapkan bisa menjadi agen perubahan di Kabupaten Purworejo.

"Sejarah sudah membuktikan bahwa setiap perubahan besar itu selalu dimulai oleh rekan-rekan media," kata Dion.

Dion juga memiliki harapan besar terhadap para jurnalis pada masa sekarang ini dimana distorsi informasi yang luar biasa dan maraknya berita hoaks. Diharapkan media bisa menjadi penyeimbang informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya, dengan mewartakan informasi yang aktual, berimbang, faktual serta kredibel.

"Seperti contohnya hoaks soal vaksin beberapa waktu lalu, itu salah satu contoh berita yang banyak beredar dan menyesatkan masyarakat, ini akan menjadi fatal apabila rekan media tidak memberikan informasi yang faktual, ini lah yang menjadi vital peran dari Pewarta dan harapan kami dengan kepengurusan yang baru dapat membawa perubahan yang positif bagi para jurnalis," jelasnya.

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV