SUARA INDONESIA

Puji Kebersihan TPI Mandar Banyuwangi, Puan Maharani: Patut Ditiru

Muhammad Nurul Yaqin - 12 November 2021 | 11:11
Pemerintahan Puji Kebersihan TPI Mandar Banyuwangi, Puan Maharani: Patut Ditiru

BANYUWANGI- Ketua DPR RI Puan Maharani memberikan pujian Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Mandar, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi.

Menurut Puan TPI Mandar sangat terjaga kebersihannya. Puan juga terkesan, karena di TPI ini pembeli bisa langsung memasak hingga memakan ikan di lokasi.

Pujian itu disampaikan Puan saat acara dialog bersama perwakilan para nelayan se-Banyuwangi yang berlangsung di TPI Mandar, Jumat (12/11/2021), didampingi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Foto: Dialog Puan Maharani bersama para nelayan di TPI Mandar. (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

Dalam kunjungannya Puan juga didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

"Waktu saya datang langsung ke TPI Mandar, saya sampaikan ke Menteri KKP. Wah bersih ya, kayak nggak ke pasar ikan," puji Puan.

Menurut Puan, biasanya pasar ikan yang pernah ia kunjungi terkesan becek, bau amis menyengat, tempat pengap, hingga air cukup sulit untuk membersihkan kawasan pasar.

Foto: TPI Mandar yang dipuji Puan Maharani. (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

"Tetapi disini (TPI Mandar), wah enak ya. Ternyata kalau beli ikan disini bisa langsung dimasak, dimakan, dan harganya sudah termasuk nasi, sambal, dan lalap," kesan Puan.

Puan bahkan mengungkapkan kekagumannya jika perputaran uang di TPI Mandar tidak hanya untuk para nelayan, juga ibu-ibu yang jualan ikan.

"Tetapi ada yang masaknya, bisa menyuplai berasnya, ada yang bisa jual sayurannya buat lalap. Ini merupakan satu hal yang sangat baik untuk kita contoh di tempat-tempat lain. Saya bilang, wah bagus ini, patut ditiru," ungkap Puan.

Sementara Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, melaporkan kepada Puan Maharani capaian yang sudah dilakukan Pemkab untuk para nelayan.

Ipuk menyebut, perikanan dan pertanian merupakan sektor terbesar di Kabupaten Banyuwangi. Tahun 2021, Pemkab Banyuwangi telah memberikan asuransi sebanyak 2.500 kepada nelayan.

"Bantuan lain, seperti kapal dan alat tangkap ikan, secara bergilir kami memberikan bantuan kepada kelompok usaha bersama nelayan yang ada di Kabupaten Banyuwangi," cetus Ipuk.

Ipuk menambahkan, sementara untuk masalah perizinan nelayan, Pemkab sudah membuat tiga gerai, masing-masing berada di Pancer, Muncar, dan Grajagan.

Ipuk juga mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) karena sudah didukung untuk pembuatan gerai nelayan.

"Terimakasih pak Menteri atas dukungannya. Ini sangat mempermudah nelayan kami, terutama nelayan yang kapalnya kecil, ini bisa mendapatkan izin dan bisa langsung mengambil ikan di sekitar selat Bali," ungkap Ipuk.

Selain itu Bupati Ipuk juga menaruh harapan besar atas hadirnya Ketua DPR RI Puan Maharani, terutama untuk para nelayan di Banyuwangi.

"Mudah-mudahan kehadiran ibu Puan di Banyuwangi, Banyak hal yang kita diskusikan, bapak ibu bisa bertanya pada bu Puan dan harapan kepada beliau di momen yang sangat bahagia ini," ucap Ipuk mengawali pembukaan dialog bersama para nelayan. (*)

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV