SUARA INDONESIA

Lengkapi Gedung Pertemuan, Pemkab Purworejo Akan Bangun Hotel Bintang 3

Widiarto - 19 November 2021 | 11:11
Pemerintahan Lengkapi Gedung Pertemuan, Pemkab Purworejo Akan Bangun Hotel Bintang 3

PURWOREJO - Pemerintah Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, berencana akan membangun hotel bintang 3 di tengah Kota Purworejo, Jawa Timur.

Pembangunan hotel yang akan dimulai pada tahun 2022 mendatang dengan anggaran sebesar 50 miliyar itu sebagai bentuk pengembangan untuk melengkapi gedung pertemuan yang telah selesai dibangun ditahun 2019 lalu yaitu gedung Ganesha Convention Hall.

Pembangunan hotel itu dilaksanakan bersinggungan langsung dengan lokasi SD Sebomenggalan dan TK Pertiwi, yang saat ini masih dalam proses pemindahan lokasi.

"Pembangunan hotel ini sudah direncanakan sejak lama, sekitar 4 tahun lalu. Nah kalau untuk masalah pemindahan SD itu bukan ranah kami melainkan ranah dinas pendidikan, tapi kalau beribicara ranah pembangunan hotel itu memang kewenangan kami di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan," ungkap Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Agung Wibowo AP, saat ditemui pada Jumat (19/11/2021).

Dijelaskan, pembangunan hotel rencana akan dimulai pada tahun 2022 dengan memanfaatkan lahan yang ada dari gedung eks Inspektorat sampai lapangan tenis, kemudian dari gedung Ganesha Convention Hall ke utara akan dibangun area parkirnya dimana salah satunya adalah bersinggungan dengan SD Sebomenggalan dan TK Pertiwi yang ada disana.

"Pembangunan hotel rencana akan menelan total anggaran sebesar 50 miliyar untuk kontruksinya dan harapanya nanti untuk kelengkapan dan lain sebagainya akan diselesaikan pasca pembangunan hotel," katanya.

Hotel, lanjutnya, rencana dibangun minimal kelas bintang 3 dengan hunian kapasitas 100 kamar dengan fasilitas standar bintang 3. Dimana di Kabupaten Purworejo sendiri sampai saat ini belum memiliki hotel kelas bintang 3.

"Hotel akan kita satukan ataupun akan kita padukan dengan Ganesha Convention Hall yang ada lebih dulu sebagai tempat pertemuan. Harapanya nanti ini bisa menjadi mess (tempat menginap) jadi ketika nanti ada pertemuan besar disini masalah mess nya ada dihotel ini dan pertemuanya ada di gedung Ganesha Convention Hall," ujarnya.

Agung berharap dengan pembangunan hotel kelas bintang 3 dilokasi itu, Harapanya bisa menambah pendapatan daerah atau PAD untuk Kabupaten Purworejo kedepanya.

"Kalau dengan masyarakat sudah tidak ada kendala karena sudah dirapatkan sejak lama. Apalagi disana sudah ada hotel namanya hotel Ganesha dan ini merupakan pengembanganya. Namun soal nama nanti belum ditentukan tapi untuk hotel Ganesha mungkin masih tetap sama," pungkasnya.

 

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV