SUARA INDONESIA

Erick Thohir: Pesantren Adalah Mercusuar Peradaban Dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia

Lutfi Hidayat - 20 November 2021 | 15:11
Pemerintahan Erick Thohir: Pesantren Adalah Mercusuar Peradaban Dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia

PROBOLINGGO - Menteri BUMN RI Erick Thohir berkunjung ke Ponpes Zainul Hasan Genggong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (20/11/2021) siang.

Erick Thohir menghadiri perayaan harlah Ponpes Zainul Hasan Genggong ke-182, rombongan Menteri BUMN disambut langsung pengasuh Ponpes Genggong, KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah beserta segenap keluarga besar dan ribuan santri.

Kiai Mutawakkil yang juga menjabat Ketua Umum MUI Jatim itu menyebut pembangunan ekonomi Indonesia tanpa melibatkan santri dan pesantren akan kehilangan ruh sosial.

"Karena santri dan pesantren punya modal sosial yang sangat besar dalam pembangunan ekonomi Indonesia yakni kepercayaan (trust)," ungkap pengasuh pesantren tertua di Probolinggo ini.

Di hadapan Menteri BUMN, Kiai Mutawakkil menyampaikan tiga pilar penting ekonomi keumatan yakni santri, pesantren dan masyarakat.

Kolaborasi BUMN dengan menggandeng swasta termasuk kalangan pondok pesantren dikatakan sangat tepat, sebab pesantren menjadi titik awal pengembangan ekonomi masyarakat.

Mantan Ketua PWNU Jatim tersebut menyampaikan pentingnya kebangkitan ekonomi Indonesia tidak hanya tertumpu pada sektor ekonomi berbasis komoditi.

"Sebagai negara berkembang, Indonesia juga perlu merambah sektor ekonomi berbasis pengatahuan (knowledge based economy) agar memiliki nilai tambah lebih tinggi tanpa bergantung pada sumber daya alam," tutup Kiai Mutawakkil.

Sementara Erick Thohir menyampaikan pendidikan menjadi kunci penting, tapi akhlak juga menjadi bagian penting lainnya sebagai basis landasan pembangunan.

Indonesia sedang mengalami tekanan besar, sambungnya tapi indonesia akan tumbuh menjadi negara besar yang diprediksikan akan menjadi salah satu dari 5 negara maju di dunia.

"Ibarat lomba lari, kalau ada yang posisi ketiga tentu tidak akan terima jika disalip sama yang nomor tujuh," katanya.

Pesantren adalah mercusuar peradaban yang menjadi bagian penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia.

BUMN merupakan sepertiga kekuatan ekonomi Indonesia oleh karenanya perlu kolaborasi dengan berbagai pihak.

"Apakah dengan UMKM, dengan pencipta-pencipta dalam negeri dan tak kalah penting dengan pesantren. Karena sistem di sekitar pesantren itu kan menjadi kekuatan ekonomi sendiri," Jelas Erick Thohir.

Hal tersebut dilakukan di berbagai tempat untuk pemerataan ekonomi yang bisa dilakukan dengan progam santri magag atau kerja sama ekonomi lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Menteri BUMN menyerahkan bantuan kendaraan operasional untuk Pesantren Zainul Hasan Genggong, agar dapat digunakan untuk pengembangan pendidikan pesantren tersebut.

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV