SUARA INDONESIA

Ratusan Siswa SMA di Kabupaten Purworejo Ikuti Kegiatan Bela Negara

Agus Sulistya - 23 November 2021 | 16:11
Pemerintahan Ratusan Siswa SMA di Kabupaten Purworejo Ikuti Kegiatan Bela Negara

PURWOREJO - Sebanyak 100 siswa dari 10 SMA se-Kabupaten Purworejo mengikuti kegiatan pembekalan bela negara di lapangan Makodim 0708 Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (23/11/2021).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Purworejo bekerja sama dengan Kodim 0708 Purworejo.

Komandan Kodim 0708 Purworejo, Letkol Inf. Lukman Hakim dalam sambutan pembukaan kegiatan tersebut mengatakan, pendidikan bela negara tersebut untuk membekali para siswa arti dasar bela negara guna kesediaan berbakti dan berkorban kepada bangsa dan negara.

“Pendidikan bela negara sebagai upaya untuk mewujudkan siswa yang berkarakter dan memiliki identitas, nasionalisme, integritas, loyalitas, disiplin dan jiwa korsa,” kata Dandim

Lebih lanjut, Dandim menjelaskan, latihan bela negara bagi siswa SMA sebagai wadah untuk membentuk sikap disiplin waktu, melatih jiwa leadership dalam memimpin diri sendiri maupun kelompok, melatih kecepatan, ketangkasan ketepatan individu dalam melaksankan kegiatan dan membentuk jiwa kebersamaan dan solidaritas antar sesama.

“Dalam proses bela negara ada beberapa hal yang menjadi unsur penting diantaranya cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara,” jelas Dandim.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesbangpol Purworejo Bambang Sadyo Hastono mengatakan, penbekalan bela negara bagi siswa sangat perlu karena untuk membentuk sikap disiplin, fisik maupun mental.

"Kegiatan bela negara ini sangatlah erat dengan pertahanan negara yang mampu memahami cikal bakal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari proses perjuangan sampai mengisi kemerdekaan. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan rasa cinta tanah air bagi para siswa," kata Bambang.

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV