SUARA INDONESIA

Angkat Potensi Desa, Pemdes Jatirejo bersama UMP Launching Sekolah Gula Jawa Javadhis

Widiarto - 30 November 2021 | 18:11 - Dibaca 1.46k kali
Pemerintahan Angkat Potensi Desa, Pemdes Jatirejo bersama UMP Launching Sekolah Gula Jawa Javadhis
Foto bersama usai launching sekolah gula jawa javadhis di Desa Jatirejo

PURWOREJO - Tim Java Gendhis Universitas Muhammadiyah (UM) Purworejo bersama Pemerintah Desa Jatirejo Kecamatan Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah, dan lembaga pelatihan rumah mangruve atau insitut mangruve, melaunching Sekolah Gula Jawa Javadhis di Balai Desa Jatirejo, pada Selasa (30/11/2021). 

Sekolah gula jawa Javadhise diadakan untuk mengangkat potensi Desa Jatirejo  sebagai centra pembuatan gula jawa di Purworejo. Terdapat sekitar 500 KK yang memproduksi gula jawa asli desa, bahkan untuk pemasaran produknya, warga sudah bekerjasama dengan PT Intra Food yang siap menampung gula Jawa dengan hasil produksi mencapai 3 ton perbulannya. 

Launching ditandai dengan pemukulan gong dan pemberian sertifikat kepada para peserta sekolah gula jawa Javadhis di Desa Jatirejo. Dalam launching itu juga dilaksanakan kegiatan sarasehan tentang produksi gula jawa.

Direktur Lembaga Pelatihan Institut Mangruve, Sapto Pamungkas bersama Kades Jatirejo, Suparji, menuturkan, sekolah gula jawa Javadhis dilaksanakan oleh tim Javadhis UMP yaitu mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Purworejo (UKM Sainstek UMP) yang bermitra dengan Rumah Mangrove.  Adapun kegiatan dibiayai dari Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.  

"Sekolah ini dilaksanakan dengan tujuan utamanya adalah untuk mengenalkan sekaligus mengangkat potensi Desa Jatirejo sebagai centra pembuatan gula jawa di Purworejo kepada khalayak," kata Sapto Pamungkas, saat ditemui usai lanching Sekolah Gula Jawa Javadhis di Balai Desa Jatirejo, pada Selasa (30/11/2021). 

Dikatakan, kedepan sekolah gula jawa Javadhis akan digelar secara berbayar, dengan biaya 300 ribu untuk satu malam dan 500 ribu untuk dua malam.

"Untuk bisa mengikuti sekolah ini kami mengambil syarat peserta punya follower setidaknya ada 2000 di Ig, dengan harapan ini adalah promosi dan mereka kita fasilitasi untuk pelatihan sehari semalam atau dua malam dengan diisi teori, praktek mulai dari pengambilan nira, pembuatan gula jawa dan pembuatan sirup gula jawa, dapat home stay, lalu ada pertunjukkan seni dan budaya serta diajak berwisata disejumlah lokasi potensi wisata di Desa Jatirejo," jelasnya.

Kedepan, lanjutnya, kegiatan itu akan menjadi paket eduwisata Jatirejo, dimana Desa Jatirejo merupakan teras Purworejo, yang berada diperbatasan langsung dengan trans menoreh yang merupakan jalur Otorita Borobudur. 

"Harapanya kita punya teras yang indah disisi timur Purworejo dengan eduwisata. Peserta bisa mendaftar dengan menginap sehari semalam dan selama tinggal akan diajari cara membuat gula jawa dengan baik, apakah itu gula jawa organik maupun non organik dan menikmati keindahan panorama alam Desa Jatirejo," ujarnya.

Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo, Dr. Rofiq Nurhadi, menjelaskan, UMP ikut terlibat dalam kegiatan sekolah gula jawa Javadhis untuk memberikan edukasi terkait gula jawa kepada masyarakat Desa Jatirejo.

"Kita merasa punya kepentingan untuk memotivasi seluruh civitas akademika untuk ikut serta di dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat ini," katanya.

Disampaikan, masyarakat yang sejahtera dan maju merupakan bagian dari indikator ketercapaian progam perguruan tinggi. Untuk itu pihaknya serius dalam mendampingi masyarakat untuk mengembangkan gula Jawa yang di produksi Desa Jatirejo. 

"Sekolah Gula Jawa ini lebih ditekankan pada edukasi dan pemberdayaan masyarakat selain itu juga untuk destinasi eduwisata," ujarnya.

Sementara itu Camat Kaligesing, Hariyono, berharap Desa Jatirejo menjadi pilot project dan contoh yang bisa memantik bagi desa lain sebagai penghasil gula Jawa di kabupaten Purworejo dan bersinergi untuk mengembangkan produknya dan wisata yang ada. 

"Harapan kami juga akan berdampak pada wisatanya, saya yakin Kaligesing ini sebuah potensi yang luar biasa cuman kurang sarana peningkatan Transportasi jalannya," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024