SUARA INDONESIA

Bupati Jember Siap Optimalkan Fasilitas Bagi Penyandang Disabilitas

Wildan Mukhlishah Sy - 03 December 2021 | 13:12
Pemerintahan Bupati Jember Siap Optimalkan Fasilitas Bagi Penyandang Disabilitas

JEMBER- Bertepatan dengan momentum Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021, Bupati Jember Hendy Siswanto mengungkapkan pihaknya siap untuk mengoptimalkan fasilitas umum bagi penyandang disabilitas.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati, dalam acara Dialog HDI 2021 di Radio Republik Indonesia (RRI) Jember, Jumat (3/12/2021).

Menurutnya, masih banyak hal yang perlu dievaluasi dan diperbaiki terkait pelayanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, bagi warga disabilitas.

"Tentunya kalau kita tentang yang dulu sudah dikerjakan, kita harus melakukan evaluasi kembali," ungkap Hendy.

Selain itu, pihaknya juga berkomitmen untuk memberikan peluang seluas mungkin bagi para disabilitas, dalam mendapatkan hak yang setara dengan masyarakat Jember lainnya.

Salah satu yang telah direalisasikan oleh Pemkab, yakni pada sektor olahraga dan beasiswa.

"Saat ini yang sudah kita lakukan adalah pemenuhan hak mereka dalam berkompetisi di bidang olaharaga, kedepannya masih banyak lagi," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati memaparkan, jika ada peluang CPNS untuk penyandang disabilitas maka pihaknya akan segera mendaftarkannya.

"Ada dua persen yang harus diberikan kepada saudara-saudara kita yang difabel, tinggal menunggu regulasinya saja," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama salah seorang dokter spesialis bedah umum, dr. Samsul Huda saat ini sejumlah fasilitas dan program kesehatan di Kabupaten Jember, saat ini terbilang sangat memperhatikan kondisi para disabilitas.

"Saya rasa untuk rumah sakit sendiri sudah banyak ya, fasilitas dan prgram yang sangat memperhatikan para penyandang disabilitas," ucapnya.

Untuk itu, pihaknya sangat setuju dengan apa yang disampaikan oleh Bupati Jember dan mendukung upaya pemerintah untuk menjadikan Jember sebagai wilayah yang ramah difabel.

"Meski begitu masih banyak yang perlu untuk dibenahi, jadi saya sangat mendukung apa yang disampaikan oleh Bapak Bupati tadi," pungkasnya.

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV