SUARA INDONESIA

Kabupaten Ngawi Raih Juara Satu Program KUBE Tingkat Provinsi

Ari Hermawan - 07 December 2021 | 18:12
Pemerintahan Kabupaten Ngawi Raih Juara Satu Program KUBE Tingkat Provinsi

NGAWI - Kelompok Usaha Bersama (KUBE) merupakan kelompok keluarga miskin yang dibentuk, tumbuh, dan berkembang atas prakarsanya dalam melaksanakan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan sosial keluarga. 

Melalui UEP, KUBE mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan sosial keluarga. 

Untuk memastikan program bantuan dapat tersalurkan dengan baik sehingga memberikan dampak positif yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga, maka dibutuhkan pendamping sosial KUBE.

Atas hal tersebut Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan penghargaan bagi KUBE dan pendamping yang berprestasi dalam pendampingan.

Dari 38 kabupaten dan kota yang ada di Jawa Timur, Kabupaten Ngawi meraih juara pertama. Yakni, KUBE ABADI yang berada di Desa Babadan, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi.

"Kami ucapkan selamat untuk KUBE ABADI Desa Babadan, Kecamatan Paron, serta pendampingnya yang mendapatkan juara satu tingkat provinsi," ucap Tri Pujo Handono Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ngawi pada, Selasa (7/12/2021).

Tri Pujo berharap dengan prestasi yang diraih KUBE ABADI, prestasi ini bisa menjadi pemicu ratusan KUBE yang ada di Ngawi.

"Ada ratusan KUBE di Ngawi, diharapkan ini bisa menjadi pemicu untuk KUBE-KUBE lain bisa mampu berprestasi," ujarnya.

Kendati demikian, menurut Tri Pujo bukan soal lomba dalam pendampingan, namun tujuan dari pendampingan yaitu mampu dalam meningkatkan perekonomian anggota KUBE dapat terealisasikan.

"KUBE ini harus mampu memberi manfaat anggotanya, terutama dalam meningkatkan ekonomi anggota. Selain prestasi, KUBE harus mampu merealisasikan yang tadinya taraf ekonomi anggotanya rendah bisa menjadi meningkat ekonominya," tuturnya.

"Dan kami meminta KUBE di Ngawi bisa saling bekerja sama dan membangun konektivitas seluas-luasnya, jadi bisa lebih kuat dan bisa mendirikan unit usaha untuk keberlangsungan peningkatan ekonomi anggota KUBE," pungkasnya.

Selain Kabupaten Ngawi yang menduduki peringkat pertama, peringkat kedua diraih oleh Kabupaten Nganjuk, ketiga Pasuruan, dan keempat Probolinggo. KUBE di Ngawi yang berprestasi meraih juara satu akan dilombakan tingkat nasional di tahun 2022 yang akan datang.

Pewarta : Ari Hermawan
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV