SUARA INDONESIA

Sambut Nataru, Pemkab Purworejo Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin 2021

Widiarto - 23 December 2021 | 17:12
Pemerintahan Sambut Nataru, Pemkab Purworejo Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin 2021

PURWOREJO - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022, pemerintah Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021 digelar di Jalan Proklamasi Purworejo, atau depan kantor Bupati Purworejo, pada Kamis (23/12/21). 

Apel diikuti oleh unsur Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP Damkar dan berbagai unsur terkait. 

Berkesempatan Bupati Purworejo, Agus Bastian menjadi Inspektur Upacara dan membacakan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam amanatnya disampaikan bahwa Operasi Lilin 2021 dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 24 Desember tahun 2021 sampai dengan 2 Januari 2022. 

“Ratusan personel gabungan itu bakal ditempatkan di beberapa pos pengamanan dan pos pelayanan yang telah disiapkan selama periode Nataru. Para personel gabungan juga akan mengamankan gereja, tempat wisata, tempat perbelanjaan, dan sebagainya,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa saat ini penanganan Covid-19 disebut yang terbaik se- Asia Tenggara, tapi di tengah perbaikan tersebut, virus Covid-19 jenis Omicron mulai masuk ke Indonesia. Sehingga perlu kewaspadaan dari semua pihak untuk mencegah ledakan Covid-19 seperti pergantian Tahun Baru 2020 lalu. 

”Misalnya saja dengan membatasi mobilitas masyarakat saat malam tahun baru. Yakni dengan menutup sejumlah alun-alun di Indonesia,” ujarnya.

Ia juga meminta agar penggunaan aplikasi PeduliLindungi dalam setiap kegiatan ditingkatkan. Apabila ada masyarakat yang kedapatan belum divaksin Covid-19, maka harus diarahkan ke gerai-gerai vaksin terdekat. 

“Diprediksi pada perayaan natal dan tahun baru 2022 akan ada 11 juta masyarakat yang melakukan mobilitas,” ungkapnya.

Dalam apel itu juga dilakukan pemberian piala juara liga Purworejo yang dimenangkan oleh tim dari Polres Purworejo dan pemberian penghargaan pencapaian vaksinasi kumulatif 70 persen dan vaksinasi lansia 60 persen bersama sejumlah pegawai Dinas Kesehatan dilanjutkan tinjauan ke sejumlah gereje dan stasiun serta terminal sebagai bentuk kesiapan Natal dan Tahun Baru 2022.

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV