SUARA INDONESIA

Pekerjaan Infrastruktur Purworejo Tahun 2021 Selesai Digarap Seratus Persen

Widiarto - 28 December 2021 | 14:12
Pemerintahan Pekerjaan Infrastruktur Purworejo Tahun 2021 Selesai Digarap Seratus Persen


PURWOREJO - Sekitar 71 paket pekerjaan imfrastruktur yang dikerjakan yang dikerjakan di bawah kendali Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, dinyatakan selesai seratus persen pada akhir tahun 2021. Pemerintah telah mengalokasikan anggaran dengan pagu kurang lebih mencapai Rp135,2 miliar untuk pekerjaan infrastruktur itu.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Purworejo, Suranto, mengatakan, proyek infrastruktur tersebut meliputi pekerjaan di bidang sumber daya air, drainase, cipta karya, bangunan gedung, jalan jembatan, irigasi, dan penanganan bencana tanah longsor.

"Semua dikerjakan sesuai kontraknya, dan telah terselesaikan seluruhnya," kata Suranto, saat ditemui dikantornya, pada Selasa (28/12/2021).

Menurutnya, hanya ada satu pekerjaan yang pelaksananya dikenakan denda karena mundur beberapa hari dari target. Kondisi itu karena pelaksana pekerjaan terkendala beratnya medan lokasi proyek, sehingga kesulitan memasukkan material bahan bangunan. Namun demikian, pelaksana telah berhasil menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik.

"Pekerjaan yang terkendala adalah perbaikan irigasi, tapi sekarang juga sudah selesai dilaksanakan," jelasnya.

Disampaikan, secara umum tidak ada kendala dalam pelaksanaan pekerjaan infrastruktur, kendala dirasakan hanya karena terkait pelaksanaan PPKM.

"Kendala bisa diantisipasi pelaksana pekerjaan karena pemerintah pusat membuat panduan regulasi pelaksanaan pekerjaan konstruksi di masa pandemi," tuturnya.

Untuk peningkatan dan pemeliharaan jalan serta jembatan, lanjutnya, menjadi salah satu prioritas pekerjaan infrastruktur tahun 2021. Pemkab Purworejo menangani delapan belas ruas jalan dengan total sepanjang 27 kilometer dan lima jembatan, menggunakan alokasi DAK APBN, APBD Jateng, dan APBD Purworejo.

"Saat ini jalan kualitas baik di Purworejo sudah lebih dari 70 persen, sudah melampaui target yang ditetapkan dalam RPJMD kabupaten. Kami berharap masyarakat juga membantu merawatnya, antara lain dengan menjaga batas tonase kendaraan saat melewati jalan kabupaten," pungkasnya.

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV