SUARA INDONESIA

Selesaikan SK LP2B, Purworejo dapat Penghargaan dari Mentri Pertanian

Widiarto - 28 December 2021 | 20:12
Pemerintahan Selesaikan SK LP2B, Purworejo dapat Penghargaan dari Mentri Pertanian


PURWOREJO - Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, mendapatkan penghargaan dari Mentri Pertanian lantaran telah menyelesaikan SK Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B). Penghargaan itu diberikan dan diterima oleh Bupati Purworejo, Agus Bastian bersama Kepala Dinas Pertanian Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo, Wasit Diono, dalam acara rapat koordinasi evaluasi hasil prasana dan sarana pertanjan tahun 2021 dan persiapan kegiatan tahun 2022 di Aston Sentul Lake Resort dan Conference Center, Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (28/12/2021).

Kabid Sarpras pada Dinas Pertanian Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo, Eko Anang SW, menjelaskan, kegiatan Rekomendasi Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (RP-LP2B) merupakan komponen penting dalam rangka mempertahankan swasembada pangan, sehingga perlu dilakukan perlindungan lahan terhadap konversi atau perubahan fungsi lahan pertanian.

"Kegiatan RP-LP2B ini sendiri menghasilkan 2 output yaitu Updating peta lahan baku sawah (LBS) 2019 yang telah dilengkapi dengan atribut jenis lahan, kondisi irigasi, indek pertanaman, produktivitas, kondisi jalan usaha tani dan usulan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) dalam bentuk SK Bupati," jelas Eko Anang.

Dijelaskan, kegiatan RP-LP2B APBN Tahun 2021 ada 8 Propinsi dan 48 Kabupaten se-Indonesia. Sampai dengan tanggal 25 Desember 2021 ini baru ada 8 kabupaten se-Indonesia yang telah menyelesaikan SK LP2B.

"Di Jawa Tengah baru Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Tegal dari 10 Kabupaten yang mendapat kegiatan, yaitu 8 Kabupaten yang telah menyelesaikan SK LP2B, sebagai bentuk penghargaan itulah, Bupati Purworejo kemudian di undang pada pertemuan di Bogor untuk mendapat Penghargaan dari Menteri Pertanian," jelasnya.



 

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV