SUARA INDONESIA

Persiapan Jelang Pemilu 2024, KPU Jombang  Lakukan Pemetaan Lokasi Blank Spot

Gono Dwi Santoso - 07 January 2022 | 16:01
Pemerintahan Persiapan Jelang Pemilu 2024, KPU Jombang  Lakukan Pemetaan Lokasi Blank Spot

JOMBANG - Menuju pemilu berintegritas tahun 2024 .Inilah salah satu persiapan KPU Kabupaten Jombang menghadapi pemilu pemilihan 2024 adalah melakukan pemetaan jaringan internet di seluruh TPS yang ada di kabupaten Jombang. 

Data  blank spot tersebut diperoleh dari laporan penyelenggara pemilu adhoc pada pemilu tahun 2019. Data dalam pemilu tahun 2019 , di kabupaten Jombang ada sejumlah 4.295 TPS yang tersebar di 21 kecamatan di Jombang.

Pemetaan ini bertujuan, untuk mengetahui dimana saja letak titik lemah signal atau blank spot di beberapa titik koordinat lokasi TPS di pemilu 2019 lalu.

Untuk titik pertama pemetaan dilakukan di kecamatan wonosalam.Terbanyak data yang masuk untuk titik blank spot yang ada di  Kabupaten Jombang.

Dalam kunjungan tersebut semua Komisioner KPU Jombang, turun langsung meninjau di lapangan. Serta mengecek kondisi sinyal menggunakan alat signal HP dengan beberapa provider memastikan kondisi sinyal dilokasi tersebut baik.

Untuk lokasi yang di kunjungi KPU Jombang diantaranya Desa Carangwulung, Desa Galengdowo, Desa Jarak, Desa Panglungan, Desa Sambirejo, Desa Sumberjo, Desa Wonokerto, Desa Wonomerto dan Desa  Wonosalam.  

Dikonfirmasi terpisah via seluler nya  ,Rita Darmawati,Devisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Komisioner KPU Jombang ,Rita menjelaskan, pada saat melakukan survei ke lokasi tidak ada kendala. Semua berjalan lancar, medan jalanya aman saat  di lewati, terangnya kepada media Suara Indonesia.co.id , Jumat ( 07/01/2022).

Rita menambahkan, hasilnya beberapa wilayah sudah baik signalnya, sementara yang lain kurang stabil. Tidak hanya di Wonosalam, survey akan dilakukan juga di beberapa kecamatan lain yang terdapat titik lemah signal internet, tambahnya.

Rita berharap dengan kegiatan ini nantinya tidak ada titik blankspot di seluruh TPS di Kabupaten Jombang. Sebelum tahapan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 dimulai. Karena dalam teknis penyelenggaraannya nanti akan menggunakan Sirekap (sistem informasi rekapitulasi) yang berbasis aplikasi, harapnya.

" Untuk itu, kita berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menentukan blank spot daerah mana yang sulit dijangkau sinyal internet, dan untuk daerah yang lainya nanti menyusul, pungkasnya.

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV