SUARA INDONESIA

Puluhan Warga Terdampak Bendung Bener Purworejo Terima Ganti Rugi

Agus Sulistya - 10 January 2022 | 16:01
Pemerintahan Puluhan Warga Terdampak Bendung Bener Purworejo Terima Ganti Rugi

PURWOREJO - Puluhan warga terdampak Bendungan Bener kembali menerima pembayaran Uang Ganti Rugi (UGR) di halaman office resort PT Pembangunan Perumahan (PP) di Desa Karangsari, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Senin (10/01/2022).

Kepala Kantor Pertanahan Purworejo, Andri Kristanto mengatakan, setelah tahapan musyawarah dilakukan makan sekarang dilakukan pelaksanaan pembayaran UGR dan pelepasan hak atas tanah milik warga yang terdampak Bendungan Bener.

"Hari ini ada 75 bidang yang dibayarkan dengan luas 55.475 meter persegi senilai Rp 14.015.714.882," kata Andri.

Lebih lanjut, Andri menjelaskan, untuk total yang sudah dibayarkan sampai hari ini totalnya senilai Rp 567.662.462.682 untuk 2.990 bidang tanah.

"Saya berharap, ada beberapa berkas yang belum lengkap itu segera dilengkapi supaya dari LMAN segara dibayarkan dan segera tuntas," jelasnya.

Sementara itu, Camat Bener, Agus Widiyanto dalam kesempatan tersebut menyampaikan, sedikit demi sedikit para penerima UGR tersebut progresnya semakin meningkat, jadi tinggal tanah-tanah yang tersisa dan sudah dimusyawarahkan yang belum terbayar.

"Harapan kami, semoga semakin cepat pembayaranya termasuk penyelesaian tanah yang sudah masuk penlok tetapi sudah masuk area kontruksi itu bisa menjadi perhatian bersama," ucapnya.

Dirinya mengungkapkan, untuk pembelajaran masyarakat, jadi UGR dari pemerintah itu pasti dibayarkan meskipun prosesnya panjang pemerintah tidak mungkin untuk merugikan masyarakatnya.

"Kami berharap, untuk para penerima UGR supaya berhati-hati gunakan uang itu sesuai kebutuhanya, manfaatkan dengan sungguh-sungguh dan bagi para penerima yang sudah sepuh supaya pihak keluarganya ikut mengawal waktu pencairan," ungkapnya.

Selanjutnya, salah satu penerima UGR Suhayono warga Desa Limbangan mengungkapkan, dirinya mendapat UGR sebesar 1,6 Milyar dengan luas 12 bidang.

"Rasanya ya senang ya sedih mas, senangnya bisa dapat duit sedihnya aset saya habis semua. Rencana dari UGR ini nanti untuk mencari rumah dan lahan kembali," tutupnya.

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Ambang Hari

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV